Alex Terima Pimpinan Telkom dan Konsultan Aquatic

Paparan PT Telkom

Palembang, Sumselupdate.com – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin  menerima Pimpinan PT Telkom dan Konsultan Aquatic dalam rangka pembangunan infrastruktur Jakabaring, di Griya Agung Palembang, Jumat (10/6).

Pada pertemuannya, PT Telkom memaparkan sebuah jaringan yakni Smart City Nusantara yaitu suatu jaringan yang terintegrasi di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang dalam menyukseskan Asian Games 2018.

Pimpinan Utama PT Telkom, Syahril mengatakan, Smart City Nusantara salah satu program Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, dimana Smart City Nusantara bermanfaat antara lain meningkatkan kepercayaana publik, mempercepat respon terhadap aspirasi masyarakat, mengakomodasi potensi dan kearifan lokal dan pada akhirnya dapat mewujudkan pemerintah yang bersih, transparan, profesional dan good government.

Ditambahkan Syahril, layanan Smart City Nusantara terdiri dari 3 komponen yakni, Smart Connectivity, Smart Solution, dan Smart User.

“Untuk smart connectivity adalah infrastruktur data yang menghubungkan dengan pemerintah pusat dan unit-unit di bawahnya, seperti SKPD, Kecamatan, Kelurahan, Desa Puskesmas dan Instansi lainnya. Produk Smart Connectivity Telkom antara lain, Wifi, Internet, Seluler, Layanan Satelit. Kemudian untuk komponen smart solution terdiri dari 7 solusi yang spesifik yaitu, smart citizen, smart healthcare, smart education, smart government, smart public safety, smart environment dan smart transportation”, jelasnya.

Selain itu, imbuhnya, PT. Telkom akan mempersiapkan dan memperkuat jaringan mobile dalam persiapan Asian Games 2018 (VIP Center) yang terdiri atas Media Center, Akomodasi, Security, International, Airport dan Venue. “Nah dari Media Center, Akomodasi, Security, International, Airport, Venue itu, semuanya nanti disiapkan dengan High Speed Internet, area network, Wifi dan lainnya,’’ ujarnya.

Sementara, Dirut UNITRI Cipta selaku Konsultan Aquatic, Jimmy Setiawan mengatakan, dalam persiapan Asian Games 2018 pihaknya akan melakukan sejumlah renovasi. “Kami juga akan merenovasi dan menambah jumlah penonton yang biasa 35.000 ribu nanti akan ditambah bisa menjadi berkapasitas 60.000 ribu. Itu yang akan ditambah tribun utara dan tribun selatan,” katanya.

Gubenur Sumsel, Alex Noerdin menyampaikan kemungkinan bakal ada renovasi venue Aquatic. Meskipun demikian, dia memandang bahwa yang mendesak direnovasi adalah venue lain seperti Stadion.

“Untuk Stadion harus dibesarkan, dari biasanya berkapasitas 35.000 penonton akan ditambah, diperbesar lagi, lalu untuk kursi akan dirubah menjadi satu shift, biasanya kan kursi panjang, nah nanti menjadi satu shift,” ujarnya.

Alex Noerdin pun setuju dengan rencana adanya smart city nusantara di Kota Palembang terkhusus di JSC. “Saya setuju dengan adanya smart city nusantara, saya juga berkeinginan untuk Provinsi Sumsel,” pungkasnya. (ery)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.