Aksi Heroik Polisi di Palembang, Baku Tembak Selamatkan Korban Penyanderaan

Jumat, 29 Januari 2021
Pelaku penyanderaan pemilik kost.

Laporan : Haris Widodo

Palembang, Sumselupdate.com – Warga Jalan Puncak Sekuning, Lorong Family 5, Gotong Royong, Kelurahan Lorok Pakjo, Kecamatan IB 1 Palembang mendadak geger, karena pemilik kos yang disandera Donny Yanto (38), warga asal Kota Pekanbaru, yang tak lain merupakan penghuni kost baru, pada Kamis (28/1/2021) sekitar pukul 21.00-01.00 WIB.

Pelaku diduga menyandra pemilik kost dengan menggunakan senjata api rakitan jenis Revolever. Guna menyelamatkan korban, baku tembak pun tak terhindarkan dengan tim gabungan Satreskrim Polrestabes Palembang.

Pelaku berhasil dilumpuhkan, langsung diamankan ke dalam mobil polisi dan dibawa ke Polrestabes Palembang untuk proses penyelidikan lebih lanjut. Saat ini, pelaku penyanderaan dan penodongan masih berada di Polrestabes Palembang.

Advertisements

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra didampingi Penjabat Sementara (PS) Kasat Reskrim Kompol, Edy Rahmat mengatakan, pelaku bernama Donny Yanto, selama ini menginap di kosan tersebut.

TKP

“Pelaku selalu membawa dan mengancam penghuni menggunakan senpi, tetapi tidak ada berani melaporkan ke pihak berwajib. Lalu, tadi malam pelaku ingin meminjam motor dengan penghuni penginapan untuk membeli nasi bungkus. Tetapi ketika hendak meminjam pelaku mengancam pemilik motor menggunakan senjata api jenis revolper miliknya,” jelas Irvan, Jumat (29/1/2021).

Pemilik motor kesal dengan perbuatan pelaku, lalu korban melapor kejadian tersebut ke aparat kepolisian. Atas adanya laporan tersebut, anggota mendatangi TKP. Saat anggota tiba di TKP, pelaku sedang mengancam korban menggunakan senjata api.

Anggota pun mencoba bernegosiasi dengan pelaku. Tetapi pelaku menembakkan senpi miliknya ke arah petugas, sampai terjadi baku tembak antara pelaku dan aparat kepolisian.

“Pelaku menerima timah panas dari aparat, sampai tersungkur dan digiring ke Mapolrestabes Palembang,” jelas Irvan.

Sementara Donny, mengaku kedatangannya ke kota Palembang hendak kuliah S2 disalah satu universitas di Bumi Sriwijaya.

“Saya datang ke Palembang untuk mengambil S2 pak,” ungkapnya dengan kondisi setengah sadar.

Disingung soal kepemilikan senpi, pelaku mengatakan dirinya menemukan barang tersebut di Sungai Badak di Kota Lampung.

“Waktu itu saya sedang mandi, lalu menemukan senpi, jadi saya simpan. Tadi malam ada yang menembak saya duluan dari arah bawah jadi saya balas,” katanya. (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.