Akrobatik Udara Meriahkan Kirab Obor Asian Games di Palembang

Gubernur Sumsel Alex Noerdin saat membawa obor Asian Games 2018

Palembang, Sumselupdate.com – Api obor Asian Games Sabtu (4/8/2018) pagi, diarak keliling Kota Palembang dengan rangkaian acara kirab obor (torch relay) yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ).

Penyambutan api obor Asian Games ini dimeriahkan dengan atraksi akrobatik udara yang dilakukan oleh pecinta dirgantara Mayjen TNI (Purn) Eris Heryanto selaku Sekjen INASGOC.

Bacaan Lainnya

Atraksi ini memukau undangan yang hadir seperti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jend Pol Tito Karnavian, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, dan Ketua INASGOC Erick Tohir.

Api obor yang disimpan di dalam tinder dibawa dengan cara terjun payung oleh Letnan Kolonel Pasukan Helmi Nange dengan dikawal oleh 51 prajurit Paskhas TNI AU. Api obor mendarat di lapangan stadion.

Api hasil perpaduan api abadi New Delhi, India dan api Gunung Mrapen,Yogyakarta ini, kemudian diserahkan kepada Marsekal Pertama Eko Dono selaku pimpinan rombongan penerbangan api obor AGTR 2018 untuk diserahkan lagi kepada Panglima TNI.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, jelang penyalaan api di mini kualdron Stadion GSJ mengungkapkan, kentalnya nuansa dirgantara dalam torch relay di Palembang memberikan makna bahwa dirgantara adalah salah satu kekayaan bangsa.

Kirab obor sepanjang 18.000 kilometer yang melewati banyak daerah ini juga diharapkan dapat mempererat persatuan dan persatuan bangsa.

“Wilayah kita wilayah yang luas dengan 17.500 pulau dengan dua per tiganya adalah lautan dan sepertiga daratan. Api Asian Games akan mengikat persatuan dan kesatuan RI,” ujar Panglima TNI kepada wartawan usai menerima tinder Box api obor Asian Games.

Api obor kemudian disulut bersama oleh Panglima TNI dan Gubernur Sumsel di mini skualdron di halaman Stadion GSJ.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, menjadi torch bearer atau pelari obor yang pertama berlari dengan jarak 100 meter dan dilanjutkan secara estafet masing-masing kepada Kapolri, Pangdam II Sriwijaya, Kapolda Sumsel dan Atlet Triathlon Nasional asal Sumatera Selatan Jauhari Johan.

Kirab obor dilanjutkan dengan pawai menggunakan kendaraan sejauh 24 km berkeliling Kota Palembang.

Pawai juga melintasi sejumlah destinasi wisata di Palembang dengan menyusuri Sungai Musi menggunakan kapal tongkang, singgah di Kampung Al Munawar dan berkeliling Pulo Kemaro. Kirab berakhir di Plasa Benteng Kuto Besak Palembang (BKB).

Selanjutnya setelah diarak di Palembang, api obor akan diarak juga ke tujuh kabupaten kota lainnya di Sumatera Selatan. (adi)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.