79.402 Bayi di Sumsel Jadi Sasaran Imunisasi PVC

Vaksin gratis Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) di setiap puskesmas.

Palembang, sumselupdate.com – Mencegah Pneumonia bagi anak-anak di Sumatera Selatan (Sumsel), telah disediakan vaksin gratis Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) di setiap puskesmas.

Provinsi Sumsel menjadi tempat Pencanangan Nasional Imunisasi PCV, yang dilaunching di Puskesmas Talang Jambe, Kota Palembang, Senin (12/9/2022).

Vaksin PCV berguna untuk melindungi diri dari penyakit berbahaya seperti meningitis dan pneumonia (radang paru-paru) dalam kategori berat terhadap bayi dan balita.

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, dr Trisnawarman mengatakan, sasaran imunisasi PVC di Sumsel 79.402 bayi dan balita. Vaksin yang disiapkan tahun ini 52 ribu vial atau 211 ribu dosis.

“Pemberian imunisasi ini seluruh puskesmas,” katanya.

Menteri Kesehatan RI Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, yang hadir secara virtual mengatakan, Pneumonia adalah infeksi akut pada jaringan paru. Salah satu penyebabnya adalah infeksi Pneumokokus.

“Pneumonia menyebabkan 14,5 persen kematian pada bayi dan 5 persen kematian pada balita disebabkan infeksi Pneumonia, dan menyebabkan balita kita terganggu keseimbangan gizinya. Vaksin ini bisa juga untuk menurunkan stanting,” katanya.

Imunisasi PCV dilakukan sebanyak 3 kali ditujukan untuk anak yang baru genap berusia 2 bulan (dosis 1) lalu lanjut di usia 3 bulan (dosis 2) dan 12 bulan.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS mengatakan, imunisasi PVC di seluruh Indonesia mulai hari ini, Senin (12/9/2022).

“Sumsel memiliki capaian imunisasi tinggi, sehingga pencanangan digelar di Sumsel,” katanya.

Imunisasi PVC ini sudah dimulai sejak 2017 dan diuji coba di Lombok Barat, Lombok Timur, NTB. Lalu 2021 diperluas di NTB, Bangka Belitung, dan Jawa.

“Sasarannya se-Indonesia 4,6 juta, baru mulai dibeberapa tempat, karena baru maka capaian persentase yang sudah diimunisasi masih kecil. Ditargetkan capaiannya imunisasi di atas 95 persen / 85 persen” katanya.

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mengatakan, pemberian imunisasi ini merupakan tanggungjawab bersama. “Sasaran Sumsel sangat besar, Dinkes langsung datangi ke kabupaten kota dan melibatkan tim PKK,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.