70 Mahasiswa dari 5 Fakultas Universitas PGRI Palembang Ikuti PKMI 2021  

Peserta serius mengikuti Pelatihan, Seleksi dan Pendampingan Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) 2021 di Aula Drs Usman Madjid Universitas PGRI Palembang, Sabtu (27/2/2021).

Palembang, Sumselupdate.com – Sebanyak 70 mahasiswa dari lima fakultas Universitas PGRI Palembang mengikuti Pelatihan, Seleksi dan Pendampingan Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) 2021 di Aula Drs Usman Madjid Universitas PGRI Palembang, Sabtu (27/2/2021).

Kegiatan PKMI 2021 dibuka secara resmi Rektor Universitas PGRI Palembang diwakili Wakil Rektor III, Drs Sukardi, MPd.

Bacaan Lainnya

Peserta serius mengikuti Pelatihan, Seleksi dan Pendampingan Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) 2021 di Aula Drs Usman Madjid Universitas PGRI Palembang, Sabtu (27/2/2021).

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd menekankan kepada seluruh peserta untuk bersemangat meraih kesempatan emas ini.

Dikatakannya, Rektor Universitas PGRI Palembang sangat merespon kegiatan-kegiatan apalagi yang berskala nasional dan demi meningkatkan kualitas mahasiswa. seperti kegiatan PKMI ini.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa Universitas PGRI Palembang bisa bersaing dan lolos seleksi,” ujar Sukardi.

Menurut Sukardi, pihak universitas menyiapkan sarana prasarana serta berbagai peluang. Seleksi kewirausahaan yang diberikan Dirjen Dikti ini menurut Sukardi merupakan peluang emas bagi mahasiswa Universitas PGRI Palembang untuk mendapatkannya.

Wakil Rektor III Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd.

Diakui Sukardi, meskipun masih dalam jumlah yang tidak banyak namun target meraih peluang lolos seleksi sudah dipatok.

“Kita dari pihak universitas menggelar kegiatan workshop atau pelatihan ini dengan harapan dari 70 orang peserta ada yang lolos seleksi dan di tingkat nasional dapat menjadi peraih dana yang tahun 2021 ini lebih ditingkatkan dari tahun sebelumnya. Support dari Universitas sangat besar mendukung. Jika berhasil tembus di tingkat nasional akan diusulkan dapat reward,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia PKMI Zahruddin Hodsay, SPd, MM, CLMA, CMMI mengatakan, 70 mahasiswa dari lima fakultas itu masing-masing dari FKIP, Fakultas Ekonomi

dan Bisnis, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Fakultas Teknik, dan Fakultas Sains & Teknologi.

Ketua Panitia PKMI Zahruddin Hodsay, SPd, MM, CLMA, CMMI.

“Kita minta per utusan fakultas. Selain itu masing-masing dosen juga mencari calon-calon kewirausahaan yang ada. Diseleksi 25 orang yang akan dikirim ke Dikti kalau lolos Dirjen Dikti akan memberikan bantuan modal Rp25 juta per tim yang terdiri dari 3 sampai 5 orang,” ujar Zahruddin Hodsay.

Menurutnya, dengan modal itu dalam masa satu tahun akan ada monev laporan kemajuan dan laporan akhir sampai Desember 2021.

Adapun bidang kewirausahaan antara lain usaha dagang, industri, jasa termasuk start up digital.

Kegiatan PKMI ini dilaksanakan oleh UPT Business & Science Center Kerja sama dengan Unit Inkubator Bisnis dan BEM Fakultas Universitas PGRI Palembang.

Rencananya kegiatan PKMI ini akan berlangsung sampai 13 Maret 2021 mendatang dengan nara sumber Zainal Fanani, MSi yang merupakan dosen Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya dan juga merupakan Sekretaris Pusat Inkubator Bisnis Unsri.

Pada kesempatan itu, Zainal Fanani mengatakan, kegiatan ini memberikan pencerahan kepada para peserta yang terdiri dari mahasiswa dari berbagai fakultas dengan trik strategi bagaimana lolos seleksi.

Berfoto bersama usai pembukaan Pelatihan, Seleksi dan Pendampingan Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) 2021 di Aula Drs Usman Madjid Universitas PGRI Palembang, Sabtu (27/2/2021).

“Dalam PKMI ini akan diajarkan strategi bagaimana membuat proposal yang baik, apa-apa langkah, kebutuhan,  dan yang mendasar yang ada, jangan sampai kelewatan. Tidak rumit, sebenarnya kalau kita ikut aturan dan kita tunjukkan nilai, maka Insya Allah proposal kita diterima,” ujar Zainal Fanani.

Ditambahkan Zainal Fanani, persaingan memperebutkan hibah dari Dirjen Dikti ini cukup ketat secara nasional.

Seluruh Indonesia yang akan diloloskan mendapatkan dana bantuan sebanyak 300-400 proposal untuk KBMI dan 50 proposal utk ASMi yang akan dibiayai Dikbud Rp25 juta per tim. (rel)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.