61 Balon Kades dari Dua Kecamatan Ikuti Tes Penguatan Mental Ideologi dan Wawasan Kebangsaan

Balon kades dari dua Kecamatan mengikuti tes Penguatan Mental Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, untuk memastikan lolos atau tidak mengikuti pertarungan di desa masing-masing.

Laporan: Marwan Ashari

Muarabeliti, Sumselupdate.com – Sebanyak 61 bakal calon (balon) kepala desa (kades) dari dua Kecamatan mengikuti tes Penguatan Mental Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, untuk memastikan lolos atau tidak mengikuti pertarungan di desa masing-masing.

Bacaan Lainnya

Adapun 61 balon kades itu masing-masing 24 balon kades dari wilayah Kecamatan Tugumulyo dan 37 balon kades dari wilayah Kecamatan Jayaloka, Kabupaten Musirawas (Mura).

Menurut informasi hasil tes yang diikuti balon kades akan diterima oleh balon kades masing-masing tiga hari setelah tes.

Hasil yang diberikan secara tertutup kepada balon kades tersebut menentukan apakah balon kades tadi lolos atau tidak untuk mengikuti pertarungan berikutnya.

Kepala Badan Kesbangpol H Amra Muslimin, SSos, SH mengakui selama kurun dua hari ada 61 balon kades dari dua kecamatan masing-masing Kecamatan Tugumulyo dan Jayaloka yang mengikuti tes Penguatan Mental Ideologi dan Wawasan Kebangsaan.

Balon kades dari dua Kecamatan mengikuti tes Penguatan Mental Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, untuk memastikan lolos atau tidak mengikuti pertarungan di desa masing-masing.

Amra Muslimin mengatakan hasil tes diumumkan dua hari setelah tes dilaksanakan.

Menurut dia, pada hasil yang diberikan kepada balon kades tidak dikatakan memenuhi syarat atau tidak memenuhi. Cuma dibuat sudah mengikuti.

“Ini terobosan kita untuk merevalitasi, mengaktualisasikan nilai luhur pancasila,” paparnya saat dihubungi, Kamis (18/2/2021).

Disebutkan Amra, 61 balon kades tersebut. Rincinya 24 dari Kecamatan Tugumulyo, yakni Desa Wukirsari, Desa Triwikaton, Desa Widodo.

Kemudian, Desa Tegalrejo Desa Trikoyo, Desa Kali Bening, Desa Wonokerto, Desa Nawangsasi,  Desa Sukomulyo. Selanjutnya  Desa Ngadirejo, Desa Dwijaya, Desa Sitiharjo, Desa Mataram.

Dikatakannya, untuk wilayah Kecamatan Jayaloka, diikuti 37 balon dari 12 desa. Rincinya Desa Purwodadi, Desa Ngestikarya, Desa Giriyoso, Desa Kertosono.

Selanjutnya, Desa Margoyoso, Desa Bumirejo, Desa Sidodadi, Desa Margatani, Desa Sukowono. Seterusnya Desa Donorejo, Desa Ngestiboga I, dan Desa Ngestiboga II.

“Kegiatan tes Penguatan Mental Ideologi dan Wawasan Kebangsaan dilaksanakan dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Kemudian dilanjutkan tes wawancara dari pukul 10.30 WIB hingga selesai,” pungkasnya.

Ditanya apakah hasil tes tidak mutlak balon kades lolos atau tidak, dia mengatakan cuma diberitahu bahwa balon kades sudah mengikuti tes penguatan mental dan wawasan kebangsaan.

“Mungkin jadi pertimbangan. Balon kades paling banyak lima calon. Kalau calon lebih dari lima, harus diseleksi sebab harus lima. Inilah salah satu penilaian. Dan dibuatkan perangkingan masing-masing desa,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.