Peraturan Sudah Keluar, KPU Sumsel Lakukan Pemutakhiran Data Jelang Pilkada Serentak

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana

Palembang, Sumselupdate.com – Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Kelly Mariana mengatakan, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 19 tahun 2020 tentang pemutakhiran data pemilih sudah keluar. Sumsel menurutnya baru akan memulai pemutakhiran data menjelang Pilkada serentak di 7 Kabupaten di Sumsel tahun 2020 ini.

“Yang baru mungkin mengenai cara pemutakhiran, coklitnya,”ujar Kelly.

Bacaan Lainnya

Apalagi menurut Kelly, DPT pemilu yang mereka gunakan terakhir untuk di tahun 2019 dan selalu pihaknya perbaharui karena pihaknya menggunakan sistim pemutakhiran data berkelanjutan.

“Yang memang benar-benar ganda itu sudah mulai dari kemarin-kemarin sudah ditelusuri dan di-delete, untuk DPT yang ada di KPU, inilah yang akan di sinkronisasi DP4 yang diberikan Kemendagri,” jelasnya.

Kelly menambahkan, dinamika warga lahir dan meninggal tentu ada dan menurutnya DPT ada kemungkinan naik, namun tidak signifikan karena waktunya sangat pendek.

“Karena waktu selisih pemutakhirannya mungkin setahun dari yang terakhir,” tandasnya.

Dia memastikan belum ada keputusan penerapan E-Rekap termasuk di Provinsi Sumsel. Walaupun demikian akan ada sejumlah kabupaten di Sumsel yang akan dipilih untuk menerapkan E-Rekap sebagai pilot project.

“Tapi kita sudah, semua 34 provinsi ini diminta memberikan titik koordinat TPS-TPS yang ada, tapi sebenarnya walaupun kita sudah memberikan beberapa titik–titik koordinat TPS-TPS yang ada, itu hanya untuk TPS-TPS yang sudah digunakan sebelumnya. Sedangkan ini TPS-nya berbeda dan jumlah TPS per kabupaten berbeda, kemudian jumlah pemilih per TPS berbeda. Makanya jumlah TPS-nya lebih kecil karena jumlah pemilih TPS lebih besar,” tukasnya.

Apalagi untuk saat ini penentuan titik koordinat di kabupaten kota belum 100 persen selesai, agar E-Rekap saat pelaksanaannya bisa lancar.

“Kalau PPK atau PPS-nya sudah dilantik baru kita bisa berbicara, karena merekalah yang tahu di mana titik-titik yang tepat TPS-TPS itu. Tapi tidak seluruh kabupaten di Sumsel E-Rekap, kalau seluruh kabupaten kota siap, semua menerapkan E-Rekap,” pungkasnya.

Hingga kini PKPU tentang E-Rekap belum dikeluarkan KPU RI namun saat ini KPU RI tengah mengolah PKPU ini. (tra)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.