30 Ribu Vaksin Covid-19 Tiba di Palembang

Vaksin Covid-19 tiba di Palembang, Senin (4/1/2021) pagi.

Palembang, Sumselupdate.com – Sekitar 30.000 vaksin covid-19 sudah tiba di kota Palembang, Senin (4/1/2020) pagi yang dikawal langsung aparat keamanan. Vaksin tersebut bakal disimpan di gudang vaksin milik Dinas Kesehatan Sumatra Selatan.

“Pagi ini vaksin tahap pertama sudah masuk sebanyak 30 ribu dosis. kita akan langsung melakukan distribusi ke tujuh kabupaten dan kota,” kata Kadinkes Sumsel, Lesty Nuraini, Senin (4/1/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, vaksin yang datang akan langsung diambil oleh perwakilan dari tujuh daerah. Yakni Palembang, Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Banyuasin (Muba), Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Prabumulih dan Banyuasin. Ketujuh daerah yang mendapat penyaluran tahap pertama ini sesuai dengan sasaran yang ditentukan melalui data tenaga medis.

“Setiap kabupaten dan kota nantinya akan langsung membawa dan menyimpan vaksin sesuai kuota yang telah ditentukan. Kabupaten maupun kota yang akan menerima vaksin sudah siapkan prasarana,” ungkapnya .

Ia juga mengatakan, pihaknya telah mengajukan sekitar 58.840 sumber daya manusia kesehatan (SDMK) di seluruh Sumsel untuk mendapat vaksin pertama. Hanya saja, pemerintah pusat baru memberikan 30.000 dosis.

“Sisanya akan diberikan di tahap kedua, namun jumlahnya belum final. Masih bisa bertambah tergantung pendataan,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, Dinkes Sumsel pun meminta untuk setiap Dinkes di seluruh daerah mempersiapkan prasarana agar saat vaksin dibawa tidak mengalami kerusakan.

“Saya harap vaksin dijaga dengan baik kalau sudah didistribusikan, jaga vaksin dengan baik, simpan di suhu 2 sampai 8 derajat selsius. Sehingga saat hari H vaksinasi dapat dilakukan dengan aman,” jelasnya.

Ia juga menegaskan, Bagi tenaga medis yang telah didata dan mendapat SMS, diminta untuk segera mengakses tautan dan mengisi formulir biodata serta riwayat penyakit. Dengan begitu, data tersebut akan berguna untuk daftar penyaluran vaksin.

“Dari sana nanti, sasaran vaksin dapat memilih tempat atau fasilitas kesehatan sesuai dengan pilihannya,” tutupnya. (ron)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.