2800 Vial Vaksin Sinovac Tiba di OKU Selatan

Sabtu, 30 Januari 2021
2800 vial vaksin Sinovac yang baru tiba di OKU Selatan

Laporan: Alpian Patria Jaya

Muaradua, Sumselupdate.com Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Dinas Kesehatan kembali mengikuti rapat koordinasi tentang vaksinasi bersama pemerintah pusat secara virtual di Ruang Vidcon Diskominfo OKU Selatan, Jumat (29/1/2021).

Dalam rakor tentang akselarasi capaian vaksinasi ini, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menginstruksikan agar setiap kepala daerah mendukung penuh program vaksinasi ini sehingga kekebalan kelompok (herd immunity) dapat terbangun dan Indonesia dapat segera terbebas dari pandemi.

Vidcon dengan Mendagri

Menurutnya, dukungan ini harus komprehensif sehingga vaksinasi ini diharapkan bisa berjalan cepat dan aman. Tito juga menyebut pendataan penerima vaksin harus detil sehingga untuk mewujudkan ini diperlukan data yang komprehensif berdasarkan nama dan alamat.

Advertisements

“Ini guna menghindari salah sasaran dalam pemberian vaksin serta memudahkan dalam melakukan tracing,” kata Tito.

Ditambahkannya, dalam vaksinsi juga dapat diatur sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan kerumumanan dan vaksinasi dapat berjalan lancar dan sehat. Dia juga berujar akselarasi capaian vaksinasi ini juga bisa saja menjadikan suatu daerah menjadi daerah berprestasi.

“Ada namanya Dana Intensif Daerah (DID), jika ada yang berprestasi dalam vaksinasi akan kita usulkan ke Menteri Keuangan untuk diberikan penghargaan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan OKU Selatan, dr Meri Astuti melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Umu Manazilawati, SKM, mengungkapkan, pihaknya siap mensukseskan vaksinasi di Kabupaten OKU Selatan. Menurutnya, tadi sebanyak 2.800 vaksin Sinovac telah tiba di Bumi Serasan Seandanan.

“Sore tadi 2.800 vaksin Sinovac telah tiba di
Puskesmas Muaradua OKU Selatan dan disimpan di tempat khusus di Unit Pelayanan Farmasi Kabupaten OKU Selatan,” katanya.

Dikatakannya, pada tanggal 3 Februari 2021 nanti, OKU Selatan direncanakan akan melakukan pencanangan vaksinasi yang akan disiarkan secara langsung melalui media sosial Pemkab OKU Selatan dan platform YouTube DKMF Channel sehingga pencanangan vaksinasi ini dapat disaksikan langsung oleh masyarakat.

Usai pencanangan tersebut, vaksinasi akan dilakukan terhadap para Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten OKU Selatan.

Paket vaksin telah tiba

Di tempat yang sama Kapolres OKU Selatan, AKBP Zulkarnain Harahap, SIK, hadir menyambut kedatangan Vaksin Sinovac ini dan mengatakan bahwa Polres dan TNI selalu siap siaga menjaga keamanan Vaksin dan proses vaksinasi di wilayah OKU selatan ini.

“Kami bersama TNI akan menjaga 24 jam vaksin tersebut dan ayo kita sama sama bekerja dalam menjaga kondisi vaksin ini sampai waktu telah ditentutakan oleh Pemerintah,” kata Kapolres.

Selain itu pada kesempatan itu juga ia mengingatkan betapa penting keseimbangan suhu yang sudah diatur dalam penyimpanan Vaksin ini  sangat tergantung juga dengan ketersediaan PLN secara Optimal di wilayah itu.

“Seperti kita ketahui suhu vaksin harus stabil maka, saya harap listrik agar bisa optimal hidup kita harapkan PLN bisa turut membantu ini,” ucap Zul.

Zulkarnain juga meyakinkan semua bahwa semua akan baik baik saja. Kendati itu, ia tetap sependapat jika ihktiar itu penting misalnya dengan bersama sama menjaga semua yang dianjurkan seperti protokol kesehatan tetap diutamakan.

“Ini obat sementara, ini penahan. Upaya kita harus tetap berjalan, jangan sampai pandemi terus berlanjut, maka protokol kesehatan jangan kita abaikan,” tegas Kapolres OKU Selatan itu.

Di akhir sambutannya itu, perwira berpangkat melati dua ini menyebut, “Melalui kesempatan baik ini saya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan para tim terdepan penanganan Covid19 yakni  seluruh tim medis masih dengan tetap siaga menjaga kesehatan masyarakat”.

“Upaya kita bersama melawan pandemik ini dan tugas kita bersama untuk menjaga kesehatan setiap warga dan semoga dengan adanya vaksin ini bisa menyelesaikan persoalan terhadap virus Covid-19 bisa teratasi ,” tutupnya. (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.