261 Balon Kades Sudah Mengikuti Tes Narkoba

Kepala BPMPD Muba Habiburahman

Sekayu, Sumselupdate.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa secara serentak yang bakal digelar pada 27 Agustus mendatang, saat ini telah memasuki beberapa tahapan. Dimulai dari tahapan pemeriksaan kesehatan sampai tes narkoba bagi bakal calon kepala desa.

Hasilnya, sebanyak 261 peserta pelamar bakal calon kepala desa yang telah mengikuti beberapa tahapan.

Bacaan Lainnya

“Pada saat pemeriksaan kesehatan, sebanyak 261 orang Bakal Calon (Balon) Kades dari 65 Desa dalam 13 kecamatan, dan semuanya juga telah di lakukan tes narkoba, hasilnya masih menunggu,’’ ungkap Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Muba, Drs Habiburrahman, kepada Sumselupdate.com, Rabu (27/7).

Lebih lanjut, Habib menjelaskan bahwa kegiatan tes narkoba berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Muba No 10 tahun 2012  yang tertera pada pasal 1 ayat 7.

“Bakal calon kepala desa harus bebas narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan yang diterbitkan oleh Kepolisian daerah Sumsel,” katanya.

Oleh karena itulah, dilaksanakannya pemeriksaan/tes narkoba (urin dan darah) kepada bakal calon kepala desa dan dapat mengeluarkan surat keterangan sebagai bukti telah dilakukan pemeriksaan kepada yang bersangkutan.

Selanjutnya, mantan Camat Lawang Wetan ini menambahkan, setelah keluar hasil tes narkoba, maka akan dilakukan seleksi administrasi bakal calon kepala desa yang di lakukan oleh panitia pemilihan kepala desa masing-masing. Hasil finalnya paling lambat 16 Agustus 2016, diserahkan ke BPMPD kemudian  akan dilakukan cetak surat suara.

“Setelah sah nanti,  saya berharap pilkades serentak ini dapat berjalan dengan aman. Bagi calon, harus siap kalah dan siap menang. Apapun hasilnya,’’ tutupnya. (est)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.