Polemik Surat Cuti Cakades, Kadin PMD OKU Timur dan Camat Cempaka Saling Lempar Tanggung Jawab

Camat Cempaka Harisman

Laporan: Rahmat Agusman

Martapura, Sumselupdate.com – Meski telah ditetapkan sebagai calon Kepala Desa (Kades), tiga Kades di Kecamatan Cempaka belum ada pergantian dan masih menjabat sebagai kepala desa, di mana hal tersebut mengacu kepada Peraturan Mendagri (Permendagri) Nomor 112 tahun 2014 tentang pemilihan Kepala Desa, yang telah diubah menjadi Permendagri Nomor 65 tahun 2017.

Bacaan Lainnya

Di mana yang disebutkan dalam Pasal 45, Kepala Desa harus cuti sejak ditetapkan sebagai calon kades sampai dengan selesainya pelaksanaan penetapan calon terpilih. Selama masa cuti dilarang menggunakan fasilitas pemerintah desa untuk kepentingan sebagai calon Kepala Desa. Jabatan Kepala Desa dalam Permendagri tersebut seharusnya di isi oleh Sekretaris Desa.

Dilaporkan masyarakat Desa Harisan Jaya, saat ini Kepala Desa tersebut masih dijabat oleh Kepala Desa Harisan Jaya dan belum cuti pasca ditetapkannya sebagai calon kades Harisan Jaya pada 1 Maret kemarin. Hal itu sangat disayangkan masyarakat setempat.

“Itukan jelas-jelas melanggar, selama kades cuti tidak ada penggantinya dari Plh. Ini ada apa,” ungkap salah satu warga yang enggan disebutkan.

Terpisah Camat Cempaka Harisman saat dikonfirmasi membenarkan bahwa Kepala Desa Harisan Jaya saat ini masih dijabat oleh Kades Lama yakni Maliki. Harisman menjelaskan jika kades tersebut belum diganti dikarenakan surat cuti yang diajukan kepada kepala dinas PMD OKUT belum dikeluarkan.

Surat cuti Kepala Desa Harisan Jaya sudah diusulkan ke Dinas PMD sejak Februari lalu, namun hingga saat ini belum turun. Menurutnya tidak hanya di Desa Harisan Jaya saja, di Kecamatan Cempaka ada tiga desa yang surat cuti kadesnya belum keluar.

“Di Cempaka ini ada tiga Kades yang mengajukan cuti, desa Campang Tiga Ulu dan Ilir serta Harisan Jaya. Surat cuti ini dari kecamatan sudah diproses dan dikirim ke PMD sejak februari lalu. Tapi tidak tahu kenapa belum keluar. Jadi terpaksa yang menjabat masih kades yang lama,” ceritanya, Senin (22/3/2021).

Sementara, Kepala Dinas PMD OKU Timur Rusman, SE, mengatakan, surat izin cuti kepala desa itu sudah diberikan ke Bupati. Namun menurut Rusman Camat juga tidak perlu menunggu surat dari Bupati untuk menunjuk PLH Kepala Desa. Sebab saat surat usulan cuti itu di sampaikan ke Dinas PMD saat itu juga Camat sudah bisa menunjuk Plh Kades.

“Di sini ada salah pengertian, seharusnya ketika surat cuti itu diusulkan ke Bupati melalui PMD, Camat sudah bisa menunjuk Plh kades,” katanya.

Dijelaskan Rusman dalam izin cuti Kepala Desa itu sudah diatur dalam peraturan Bupati Nomor 8 tahun 2017. “Dalam Perbup itu, ketika Kepala Desa Cuti, Sekretaris Desa melaksanakan tugas dan kewajiban kepala desa dengan Keputusan Camat,” jelasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.