25 Titik Internet Gratis Sudah Bisa Layani PJJ Siswa di Palembang

Launching program internet gratis untuk sekolah.

Palembang, Sumselupdate.com – Internet gratis di 25 titik dari target sebelumnya 60 titik, sudah bisa dinikmati oleh para pelajar di Kota Palembang untuk mendukung proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sehingga belum seluruh pelosok kota terjangkau layanan ini.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, tower internet gratis ini dipasang di sekolah, dengan jangkauan sampai 10 km dari 309 sekolah. Di antaranya 60 SMP dan 249 SD yang ditargetkan selesai 2021. Dana yang digunakan untuk layanan ini bersumber dari dana Biaya Operasional Sekolah (BOS).

Bacaan Lainnya

“Baru 25 titik, akan diselesaikan akhir tahun ini total 60 titik, sisanya diselesaikan 2021,” katanya, usai launching program internet gratis, Rabu (7/10/2020).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Zulinto mengatakan, awalnya direncanakan hanya 60 titik saja. Namun jumlah tersebut tidak menjangkau ke seluruh pelosok Kota Palembang. Sesuai petunjuk Kemendikbud, penyediaan layanan ini bisa menggunakan dana BOS.

Sebab, jika sekolah sendiri menyediakan anggarannya bisa mencapai Rp15 juta. Sedangkan dengan layanan ini, sekolah bisa membayarkan dengan dana BOS sesuai jumlah siswa. Untuk sekolah yang memiliki 300-1000 siswa membayar Rp3 juta perbulan.

“Efektifnya 400 titik dipasang dan akan diselesaikan 2021 dengan estimasi dana hampir Rp6-7 miliar,” katanya.

Awalnya rencana internet gratis ini dapat digunakan akhir September. Namun lantaran terkendala peralatan yang dibeli dari Singapura, maka launching diundur.

“Siswa bisa mengakses internet secara gratis dengan memasukan pasword misalnya nomor induk siswa. Sedangkan guru memasukan Nomor Induk Kependidikan, guru honorer dengan NUPTK. Bagi guru honor yang belum punya NUPTK akan dapat kode pasword khusus,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.