14 Kecamatan di Mura Ikuti Lomba Keluarga Sadar Hukum

Suasana lomba keluarga sadar hukum atau Kadarkum tingkat Kabupaten Mura 2018 di Gedung BLK Komplek Agropolitan Center, Desa Muarabeliti Baru, Kecamatan Muarabeliti, Selasa (4/12/2018).

Muarabeliti, Sumselupdate.com – Sebanyak 14 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Musi Rawas (Mura) mengikuti lomba keluarga sadar hukum (Kadarkum) tingkat Kabupaten Mura 2018.

Kegiatan yang digagas Bagian Hukum Setda Mura dibuka Wakil Bupati Mura Hj Suwarti di Gedung BLK Komplek Agropolitan Center, Desa Muarabeliti Baru, Kecamatan Muarabeliti, Selasa (4/12/2018).

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Mura Hj Suwarti menyampaikan  pelaksanaan lomba Kadarkum ini merupakan sebuah ajang lomba antar kelompok Kadarkum yang mewakili tiap kecamatan dan merupakan sarana peningkatan kesadaran hukum. Sehingga dapat terwujud budaya hukum masyarakat.

Menurut Wabup, masyarakat semakin kritis, jeli, dan memiliki kepekaan yang tinggi tentang masalah hukum.

Namun, patut disadari bahwa sikap kritis tersebut terkadang tidak didukung dengan pengetahuan dan pemahaman yang utuh tentang hal yang berkaitan dengan hukum.

“Oleh sebab itu pembentukan dan pembinaan Kadarkum ini  dapat menjadi salah satu solusi yang mampu memecahkan persoalan hukum yang dihadapi masyarakat. Terutama mereka yang berada pada kategori masyarakat yang kurang memahami hukum,” kata Suwarti.

Dia  berharap kepada seluruh Instansi terkait untuk dapat membantu tlm juri dalam melaksanakan kegiatan lomba ini, untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Mura menuju Mura Sempurna 2021.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum Kabupaten Mura, Abdul Latief menjelaskan, kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari.

Dan melalui lomba Kadarkum ini untuk meningkatkan pemahaman hukum bagi masyarakat, demi terwujudnya kesadaran hukum masyarakat di Kabupaten Mura.

Kegiatan itu merupakan hasil dari melakukan kunjungan ke kecamatan yang ada di Kabupaten Mura mengenai permasalahan hukum. Dari hasil kunjungan tersebut, maka diadakan lomba Kadarkum itu.

Di mana dari 14 kecamatan di Kabupaten Mura yang mengikuti kegiatan tersebut, setiap Kecamatan didampingi pembimbing yang mempunyai latar belakang hukum.

“Perlombaan sendiri seluruh kelompok peserta perwakilan warga setiap kecamatan dan diberikan kesempatan tanya jawab terkait pengetahuan ilmu hukum,” katanya.

Dia  berharap, dengan adanya lomba ini peserta dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan taat pada hukum. (ain)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.