1.233 Tenaga Kesehatan di Palembang Telah Divaksin Covid-19

Vaksin Covid-19.

Palembang, Sumselupdate.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang telah melaksanakan vaksinasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) tahap awal. Sejak pemberian vaksin 14 Januari 2021, kepada tenaga kesehatan di rumah sakit dan puskesmas telah mencapai 9,19 persen realisasi atau telah 1.233 orang yang telah divaksin.

“Target selesai khusus tenaga kesehatan Maret, saat ini setiap hari terus berjalan (penyuntikan vaksin sinovac) ke semua tenaga kesehatan yang terdata. Terakhir capaian realisasi vaksinasi di Palembang baru 9 persen,” ujar Juru Bicara Dinkes Palembang, Yudhi Setiawan, Jumat (22/1/2020).

Bacaan Lainnya

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (PP2M) Dinkes Palembang ini, jumlah keseluruhan tenaga medis yang tercatat sebagai penerima vaksinasi Covid-19 di Palembang mencapai 13.415 orang.

“Sedangkan detail vaksinasi yang sebenarnya baru 9,19 persen. Artinya yang sudah sekitar 1.233 orang dari target total tenaga kesehatan,” katanya

Sementara target sasaran keseluruhan vaksinasi Covid-19 di Palembang, ditambah pihak non medis, ada sebanyak 14.403 orang. Yudhi menyebut, realisasi vaksinasi yang masih rendah dipengaruhi faktor Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) yang masih sangat rendah.

Yudhi menerangkan, rendahnya capaian vaksinasi karena faktor registrasi yang melalui aplikasi pedulilindungi.id. Para Nakes yang telah melakukan registrasi, harus memasukkan Nomor Induk Kepegawaian (NIK) melalui beberapa tahap lanjutan.

“Seperti mereka yang sebenarnya berhak menjadi daftar penerima, ternyata saat pengecekan di aplikasi tidak terdaftar sehingga tidak dapat dilakukan vaksinasi. Data terakhir per Rabu (20/1/2021), masalah yang terjadi kebanyakan karena sistem. Sebab pendataan itu by sistem,” terangnya

Yudhi berharap, hambatan teknis soal registrasi vaksinasi tidak akan terjadi kembali. Ia menjamin masalah pendaftaran dan verifikasi ke depannya bakal lebih mudah dan menjadi lebih cepat.

“Tahap pertama range waktunya Januari sampai April, termasuk non medis. Namun khusus nakes kita target Maret, agar bisa vaksinasi masuk tahap kedua untuk petugas pelayan publik sambil melihat ketersediaan vaksin,” timpalnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Palembang, dr Fauziah menambahkan, Palembang telah menerima sebanyak 29.360 vial vaksin dan telah disalurkan ke 72 fasilitas kesehatan pelayanan terdiri dari 41 puskesmas, 27 rumah sakit, dan 4 poliklinik.

“Kami harap target vaksinasi untuk SDMK ini selesai lebih awal lagi, kalau bisa pada Februari mendatang,” tutupnya (Ron)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.