Wong Palembang Terpilih Ketua Ombudsman RI

Jumat, 29 Januari 2016
Amzulian Rifai Ketua Ombudsman RI Terpilih

Jakarta, sumselupdate.com – Kabar gembira bagi masyarakat Sumatera Selatan. Wong Palembang, Prof. Amzulian Rifai, SH, LLM, PhD, terpilih sebagai Ketua Ombudsman RI (ORI) dalam Rapat yang digelar Komisi II DPR RI, Kamis malam (28/1/2016).

Menindak lanjuti usulan 18 nama kandidat yang dikirim Presiden Jokowi ke DPR RI, Komisi II DPR RI telah menetapkan komisioner dan pimpinan ORI melalui musyawarah mufakat. Prof. Amzulian terpilih sebagai sebagai Ketua, sementara Lely Pelitasari sebagai Wakil Ketua ORI yang baru.

Bacaan Lainnya

“Berdasarkan hasil musyawarah mufakat, Komisi II DPR RI terdiri dari 10 fraksi di DPR RI menetapkan saudara Amzulian Rifai untuk jabatan Ketua Ombudsman Republik Indonesia dan saudari Lely Pelitasari Soebekty sebagai wakil ketua,” kata pimpinan rapat, Rambe Kamarul Zaman.

Penunjukan Amzulian sebagai Ketua, menurut Rambe, karena figur yang bersangkutan memiliki pemahaman hukum yang lebih jika dibandingkan dengan yang lain. “Prof Amzulian dipilih menjadi Ketua karena memang pemahaman hukumnya lebih daripada yang lain. Dia adalah dekan Fakultas Hukum Unsri, guru besar, dan komisaris suatu perusahaan,” kata Rambe.

Seperti diketahui, jabatan anggota Ombudsman yang lama akan berakhir pada 17 Februari nanti. Anggota Ombudsman yang terpilih harus punya pengalaman di bidang hukum dan pelayanan publik minimal 15 tahun dan harus sarjana. Semua anggota Ombudsman terpilih harus mundur dari jabatan sebelum menjadi anggota Ombudsman.

“Kita akan laporkan di rapat paripurna DPR, Selasa (2/2) pekan depan. Kemudian diajukan ke Presiden untuk dilantik,” kata Rambe. (shn)

Berikut susunan Komisioner ORI:

Ketua                    : Prof. Amzulian Rifai, SH, LLM, PhD

Wakil Ketua        : Lely Pelitasari

Anggota :

Adrianus Meliala

Ahmad Suadi

Ahmad Alamsyah

Alvin Lie

Laode Ida

Ninik Rahayu

Dadan Sukarjo

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

2 Komentar

  1. Gak salah terpilihnya Prof. Amzulian Rifai sosok yang hebat dari Kabupaten Musi Rawas (Lubuk Linggau) Prov. Sumatera Selatan “wong kito galo” sahabat SMA ku….memang orangnya luar biasa selain pintar beliau juga seorang yang selalu mengutamakan perubahan ke jalan yang lebih baik… sejak SMA sudah kelihatan bakat pimpinannya mulai dari Ketua Osis sampe jadi juara kelas…Bravo Sahabatku, kamu memang layak dipilih…