Waw, Kondisi Jalan Penghubung Antar Desa Ini Memprihatinkan

Kondisi jalan yang mengalami kerusakan parah di Kabupaten Muba.

Sekayu, Sumselupdate.com – Memprihatinkan, kata-kata yang tepat untuk mengungkapkan kondisi jalan penghubung antar desa menuju empat kampung yang masuk satu kelurahan dan dua desa dalam Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), yaitu Talang Sungai Labi, Talang Bendar, Talang Cawang, Talang Paya Lebar.

Menurut salah satu tokoh masyarakat Talang Bendar, Dani (55) sebenarnya wilayah masuk wilayah Ibukota Kabupaten Muba, tetapi sayangnya perhatian yang diberikan tidak seperti ibukota kabupaten. Karena untuk sampai ke tempat mereka harus melintasi jalan yang sangat jauh, dengan jarak tempuh sekitar 70 km dan melalui satu kecamatan berbeda.

“Ya seperti inilah kondisi kami, padahal jumlah kepala keluarga ada sekitar 2.500 kk,” katanya saat ditemui Jumat (23/9/2016).

Dikatakannya, jalan yang rusak tepatnya akses dari Desa Sindang Marga, Kecamatan Sungai Keruh yang panjangnya sekitar 20 km. Jika dalam kondisi bagus sebenarnya bisa ditempuh 30 menit. Tetapi dengan kondisi jalan yang rusak, bisa hampir setengah hari perjalanan.

“Sebenarnya ada jalur alternatif untuk sampai ke kampung kami ini dengan menyeberangi sungai Musi. Tetapi jika dalam kondisi air pasang, maka tidak bisa juga dilalui. Karena jalan ikut terendam air pasang atau banjir,” bebernya.

Sementara itu, salah satu anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Kayu Ara Indra Ariansyah (25) mengungkapkan hal yang sama bahwa kondisi jalan saat ini berlumpur dengan kedalaman mencapai 100 cm – 120 cm, yang berjumlah sekitar empat titik kerusakan parah.

“Kondisi ini telah terjadi sekitar tiga tahun terakhir, karena pernah dilakukan perbaikan pada 2011 yang lalu,” terangnya.

Pihaknya sangat berharap adanya perbaikan segera dari Pemkab Muba, mengingat Muba sebentar lagi melaksanakan Pilkada, pada 2017 mendatang. Karena di tempat perkampungan tersebut terdapat lima tempat pemungutan suara (TPS) dengan jumlah mata pilih sekitar 1.500 pemilih.

“Kami berharap adanya perbaikan secepatnya dari Pemkab Muba, karena ditakutkan menghambat pendstribusian surat suara dan penghitungan,” pintanya.

Pantau di lapangan, kondisi jalan penghubung sepanjang 20 km dari arah Desa Sindang Marga, Kecamatan Sungai Keruh tersebut sangat memprihatinkan. Pasalnya jalan yang hanya mengalami pengerasan batu pecah, selain itu, terdapat jalan yang rusak parah dengan kondisi tanah berlumpur kedalaman 100 – 120 cm.

Selain itu, ada juga jalan yang tergenang air dengan kedalaman 100 cm, sehingga kendaraan yang yang tidak memiliki penggerak empat roda, dipastikan tidak akan bisa melewatinya. (est)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.