Warga Muak, Bertahun-Tahun Jalan Kabupaten di OKU Banyak yang Rusak

Salah satu kondisi jalan rusak di Lekis Rejo Kecamatan Lubuk Raja Ogan Komering Ulu (OKU).

Baturaja, sumselupdate.com – Jalan Kabupaten kawasan Lekis Rejo Kecamatan Lubuk Raja Ogan Komering Ulu (OKU), saat ini rusak parah. Lubang besar hampir dijumpai sepanjang jalan yang menghubungkan, khususnya dari jalan Blok E.

Pantauan di lapangan, kerusakan jalan layaknya seperti kolam. Hal itu sangat menyulitkan pengendara yang melintas di kawasan itu. Selain rawan kecelakaan, akibat kerusakan jalan daerah itu juga rawan tindak kriminal.

Bacaan Lainnya

Namun, walau begitu jalan ini masih jadi pilihan utama warga yang hendak ke kota Baturaja ataupun sebaliknya yang hendak menuju kecamatan Lubuk Raja.

Kerusakan jalan itu sendiri nampaknya luput dari perhatian Pemda setempat, pasalnya, warga mengaku kerusakan jalan sudah lama terjadi dan belum tersentuh perbaikan sedikitpun.

Kondisi diperparah saat musim hujan, di mana lubang berdiameter besar akan berisi air hingga menggenangi bak kolam ikan. Hal itu tentu membuat pengendara harus ekstra hati-hati jika tidak akan tergelincir di kubangan air bercampur tanah merah.

“Sudah hampir empat tahun jalan disini tidak diperbaiki, padahal kawasan ini akses pilihan utama kami. Coba bapak lihat sendiri seperti kolam ngak ada pilihan lagi,” ucap Mar pengendara yang melintas.

Tak hanya kawasan Kecamatan Lubuk Raja, Jalan kabupaten di kawasan Kecamatan Sinar Peninjaua pun saat ini rusak parah dan belum tersentuh Pemda OKU.

Warga di sana sudah berupaya mengusulkan setiap saat ke pemerintah, namun hingga detik ini belum ada respon dari pemda setempat.

“Sudah berbagai cara mengusulkan meminta diperbaiki baik resmi ataupun tidak resmi, tapi apadaya belum ada respon,” ucap Naim warga kecamatan Sinar Peninjauan.

Mereka tak berhenti berharap, agar Pemda OKU bisa memperbaiki jalan yang menjadi tanggung jawab mereka, “Sudah hampir habis jabatan, tapi tidak ada yang kami rasakan secara menyentuh. Kami tidak muluk-muluk ingin jalan kami mulus, jangan anggaran jadi alasan,” keluh Naim.

Sementara Bupati OKU Drs Kuryana Azis di kesempatan saat peresmian SPAM PDAM di Kecamatan Lubuk Raja, mengakui kerusakan jalan terjadi. Namun, Kuryana membantah jika jalan kabupaten khususnya Lubuk Raja luput perhatian pemda.

Kuryana menjelaskan kerusakan jalan di beberapa kecamatan sangat banyak, pihaknya telah berupaya memperbaiki secara bertahap menggunakan cor beton.

“Kalau pake aspal tidak terlalu lama dibanting cor beton oleh karena itu perbaikanya dilakukan bertahap, sebab jika dilakukan secara menyeluruh anggaran pemda tidak mampu,” katanya. Seraya mengatakan pihaknya terus berupaya termasuk berkoordinasi dengan Gubernur Sumsel untuk meminta perbaikan jalan Provinsi juga bisa membantu perbaikan jalan kabupaten.

“Pak Gubernur kita kan sudah mengangarkan perbaikan jalan diwialayah Sumsel khususnya jalan Provinsi, nah kita akan coba minta bantu sedikit untuk jalan kabupaten,” jelas Kuryana. (wid)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.