Warga Desa Suka Kaya Empat Lawang Serahkan Senpi Rakitan

Senpi yang diserahkan warga.

Laporan: Mutakim Alparizi

Tebing Tinggi, Sumselupdate.com – Tak ingin terjerat hukum, warga Desa Suka Kaya, Kecamatan Saling, melalui salah satu toko masyarakat Suan Amri menyerahkan satu pucuk senjata api rakitan (senpira) jenis kecepek kepada Polsek Tebing Tinggi, Kamis (11/8/2022).

Read More

“Kesadaran masyarakat ini merupakan buah kerjasama aparat kepolisian dengan tokoh masyarakat setempat dan meminta warga secara sukarela menyerahkan senjata api rakitan,” kata Kapolres Empat Lawang AKBP Helda Prayitno melalui Kapolsek Tebing Tinggi M Aidil Fitri.

Disampaikannya, penyerahan senpi rakitan ini merupakan hasil dari imbauan yang disampaikan oleh Kapolsek Tebing Tinggi kepada masyarakat melalui kades atau toko masyarakat.

“Bagi masyarakat yang menyerahkan senjata api ataupun motor bodong dengan cara sukarela tidak akan kena pidana, namun apabila sebaliknya, bagi masyarakat yang kedapatan memiliki atau menyimpan senjata api rakitan akan di pidana ancaman hukuman 10 tahun penjara,” ujarnya.

Ditambahkannya, hal itu juga didorong dengan pendekatan persuasif sehingga timbul kesadaran dari masyarakat untuk menyerahkan senpi ilegalnya kepada pihak kepolisian.

“Untuk itu, pihaknya terus mengimbau bagi warga yang masih memiliki, dan menyimpan atau menguasai senpi ilegal, agar dapat menyerahkan kepada kepolisian. Karena bagi yang menyerahkan dengan sukarela tidak akan diproses hukum. Namun apabila imbauan ini tidak diindahkan, maka jika kedapatan atau ketahuan memiliki, menyimpan senpi ilegal, akan kita sita dan kita proses hukum sesuai undang undang yang berlaku,” tegasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.