Wakil Ketua MPR: Tingkatkan Daya Adaptasi Pendidikan Nasional

Penulis: - Rabu, 26 Juni 2024
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat.

Jakarta, Sumselupdate.com – Upaya meningkatkan daya adaptasi dunia pendidikan nasional harus konsisten dilakukan untuk meningkatkan daya saing nasional mengantisipasi perkembangan global.

“Upaya ekosistem pendidikan nasional kita untuk beradaptasi dengan perkembangan global saat ini harus dilakukan secara konsisten dalam upaya mengatasi sejumlah kendala,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (25/6/2024).

Bacaan Lainnya

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi mencatat ada tiga persoalan mendasar pada pendidikan tinggi di Indonesia, yaitu ketimpangan akses pendidikan tinggi, ketimpangan dalam hal kualitas dan kurangnya relevansi pendidikan tinggi.

Catatan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022 menunjukkan adanya 1,2 juta pengangguran terdidik.

Selain itu terjadi perubahan landscape dunia kerja bahwa ijazah dan gelar akademik tidak lagi menjadi jaminan untuk memperoleh pekerjaan.

Menurut Lestari, sejumlah catatan tersebut harus benar-benar menjadi perhatian pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, agar menghadirkan kebijakan yang mampu mendorong peningkatan daya adaptasi ekosistem pendidikan nasional.

Rerie, sapaan akrab Lestari berharap semua pihak berperan aktif  mengatasi sejumlah kendala yang dihadapi terkait akses, kualitas hingga relevansi lulusan pendidikan tinggi untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja.

Rerie  mendorong sejumlah perbaikan sistem pendidikan dan kualitas tenaga pengajar dan dosen yang mampu mengakselerasi daya adaptasi ekosistem pendidikan nasional.

Dia berharap dukungan semua pihak  mewujudkan sejumlah langkah strategis di sektor pendidikan tersebut.

Karena, hanya dengan sumber daya manusia (SDM) yang terdidik dan memiliki keterampilan  sesuai kebutuhan pembangunan, kita akan mampu menjawab sejumlah tantangan yang datang. (**)

 

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.