Wakil Ketua Baleg: RUU KIA Tunjukkan Komitmen Politik DPR

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Willy Aditya.

Jakarta, Sumselupdate.com – Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Willy Aditya menilai Rancangan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA) menunjukkan komitmen politik DPR terhadap perempuan, anak, dan keluarga.

Hal itu terlihat dari beberapa aturan seperti pemberian cuti enam bulan bagi perempuan dan cuti empat minggu bagi suami.

Read More

“Kalau Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) komitmen politik DPR terhadap anak, perempuan, dan kaum disabilitas, namun RUU KIA agak lebar sedikit yaitu perempuan, anak, dan keluarga,” kata Willy dalam diskusi Forum Legislasi dengan tema “RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak: Komitmen DPR Wujudkan SDM Unggul” di Media Center DPR, Jakarta, Selasa (21/6).

Menurut Willy , dalam kehidupan masyarakat urban di kota-kota besar, banyak kasus yang terjadi, tidak ada ruang bagaimana anak dibesarkan dalam sebuah keluarga.

Willy mencontohkan seorang ibu yang bekerja berangkat pukul 6 pagi saat anak belum bangun, lalu pulang pukul 20.00 ketika anaknya sudah tidur.

“Ini fenomena urban, kita tidak punya tempat penitipan anak, kalaupun ada sangat mahal,” kata Willy.

Dikatakan, RUU KIA mengatur secara holistik khususnya terkait perlindungan bagi perempuan hamil dengan aturan cuti enam bulan dan cuti suami 40 hari.

Aturan tersebut, agar para orang tua mendampingi anak-anaknya di masa-masa emas atau “golden age” dalam perkembangan anak usia 0-6 tahun.

“Bagaimana kesadaran itu tumbuh, ‘Golden age’ itu hal yang fundamental dalam tumbuh kembang seorang anak. Karena memori awalnya di sana, sehingga perlu UU untuk mengatur menciptakan sebuah lingkungan yang fundamental untuk tumbuh kembang anak dan keluarga,” tuturnya.

Menyinggung kemungkinan pihak industri memprotes aturan cuti tersebut, lanjut dia, DPR siap berdialog dan menjelaskan secara rinci karena terkait perkembangan generasi penerus bangsa ke depan. (duk)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.