Verizon Dipastikan Bakal Membeli Yahoo

Logo Yahoo

California, Sumselupdate.com – Proses akuisisi perusahaan Yahoo dikabarkan mendekati kesepakatan. Disebut-sebut operator seluler asal AS, Verizon Communication yang bakal menjadi pembeli inti bisnis perusahaan internet tersebut.

Menurut sumber yang tidak mau disebutkan namanya kepada Recode dan dikutip dari KompasTekno, Minggu (24/7), Verizon sudah menyiapkan dana hingga 5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 65,5 triliun untuk membeli Yahoo.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, aset yang tidak termasuk dalam inti bisnis Yahoo bakal dijual secara terpisah. Aset tersebut akan memberikan pemasukan tambahan ratusan juta dollar AS kepada perusahaan yang pernah tenar di era 90-an hingga 2000-an itu.

Yahoo dikatakan sudah hampir menyetujui penawaran dari raksasa telko tersebut. Bahkan, perjanjian di antara keduanya dikatakan sudah akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan.

Pemilihan Verizon sebagai pemilik Yahoo yang baru sangat masuk akal. Pasalnya, Verizon dianggap memiliki bisnis yang dianggap mirip.

Sebelumnya, Verizon memang sudah membeli perusahaan media AOL. Dengan teknologi iklan digital yang dimiliki Yahoo dan dikombinasikan dengan AOL, Verizon dikatakan dapat bersaing dengan dua raksasa internet lain, yakni Facebook dan Google.

“Jika Verizon menawar dengan harga begitu tinggi, mereka kemungkinan akan mendapatkannya, karena Verizon merupakan taruhan yang aman bagi Yahoo,” kata pesaing Verizon dalam urusan tawar menawar ini.

Proses penjualan Yahoo sendiri sudah berlangsung cukup lama. Sejumlah perusahan kabarnya telah mengajukan tawaran, termasuk Microsoft, AT&T, hingga orang terkaya ketiga sejagat, Warren Buffet.

Besarnya nilai tawaran yang diajukan para peserta lelang untuk bisnis Yahoo disebut mencapai kisaran 4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 54,3 triliun. (adm3)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.