Usulan Perencanaan Pembangunan Desa Kini Secara Online

Musrenbang Kecamatan Gelumbang, Muaraenim.

Laporan : Syahrial Hadi

Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan, meminta desa yang tidak masuk dalam pembangunan 2021 untuk segera menyerahkan usulannya secara online untuk pembangunan ditahun berikutnya.

Bacaan Lainnya

Hal itulah yang disampaikan Camat Gelumbang Syarkowi, pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2021 Kecamatan Gelumbang, di Aula Kantor Camat Gelumbang, Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (27/1/2021).

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Penguatan Ekonomi Masyarakat Menuju Muaraenim Mandiri’ itu, dalam rangka penyusunan rencana pembangunan Daerah (RKPD) tahun anggaran 2022.

Pada saat Musrenbang, Syarkowi menyampaikan, usulan dari desa yang belum masuk pada Anggaran Tahun 2021 ini, silakan ajukan usulannya. Namun sekarang, usulan tersebut memalui online.

“Jadi berbeda, tidak memakai catatan seperti tahun kemarin. Kemarin, kita sudah lakukan jemput bola ke desa untuk segera masukan usulan-usulannya, kalau usulan penambahan ruang belajar (rumbel) sudah banyak yang masuk, pagar dan untuk jalan-jalan sudah tidak banyak lagi, karena hanya beberapa desa yang jalannya masih belum bagus,” jelasnya.

Peserta rapat Musrenbang.

Bupati Muaraenim, Kabid Insfratruktur dan Lingkungan Hidup Bapedda, Kabupaten Muaraenim,  Febriansyah Putra, dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Gelumbang ini, bertujuan menyerap aspirasi dari tingkatan bawah.

“Hari ini kita lakukan Musrenbang di Kecamatan Gelumbang, bertujuan melakukan penajaman, penyelarasan, mengklarifikasikan, serta menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa maupun kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah Kecamatan Gelumbang,” jelasnya.

Pada kegiatan Musrenbang Kecamatan Gelumbang, tampak hadir Camat Gelumbang Syarkowi, Wakil Ketua DPRD Muaraenim Hadiono, Anggota DPRD Kabupaten Muaraenim Rani Kodim, Mukarto, dan Ponira.

Kemudian turut hadir Dinas Bapedda Kabupaten Muaraenim dan instansi terkait, Kapolsek Gelumbang Iptu Hary Dinar, beserta jajarannya, Danramil  404 – 01 Gelumbang, Kapten Arh Mardin, Para Kepala Desa dan BPD, Lurah Gelumbang, seluruh UPTD Gelumbang, PKK se Kecamatan Gelumbang,  Kepala sekolah, Posyandu, Karang Taruna, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat se Kecamatan Gelumbang, serta tamu undangan lainnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.