Usia Dibatasi, 30 CJH Asal Empat Lawang Batal Berangkat ke Tanah Suci Makkah

Kabah dan Masjidil Haram

Laporan: Mutaqim Alparisi

Tebingtinggi, Sumselupdate.comSebanyak 30 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Empat Lawang ditunda berangkat ke Tanah Suci Makkah karena faktor usia.

Bacaan Lainnya

Hal ini dikarenakan sesuai ketentuan dari Pemerintah Arab Saudi, karena CJH yang berusia di atas 65 tahun dapat ditunda keberangkatan haji.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kekankemenag) Kabupaten Empat Lawang, H Hasanuddin melalui Kasi Haji dan Umrah H Sirojudin membenarkan hal tersebut.

“Dari jumlah CJH Empat Lawang tahun 2020 yang tertunda keberangkatan haji tahun ini yang semula berjumlah 35 CJH maka yang berhak berangkat di tahun ini ada sebanyak 5 CJH ditambah 5 cadangan. Hal ini dikarenakan tahun ini ada batasan usia di bawah 65 tahun, jadi CJH yang berusia di atas 65 tahun ditunda keberangkatan hajinya, hal ini dari ketentuan Pemerintah Arab Saudi,” katanya, Selasa (17/5/2022).

Diungkapkan lagi, dari 5 CJH Empat Lawang yang berhak berangkat tersebut, ada satu jamaah yang mutasi ke Jambi, sehingga tersisa empat orang.

“Iya satu jamaah lagi ada yang mutasi ke Jambi,” terangnya.

Untuk persiapan, menurut dia, sudah hampir selesai dilaksanakan seluruhnya. “Mulai dari paspor jamaah, vaksin Covid booster serta vaksin minigitis,” ujarnya.

Bahkan pihaknya saat ini masih menunggu pembagian nomor urut kloter bagi CJH Empat Lawang.

“Nomor urut kloter CJH Empat Lawang masih menunggu, karena sampai saat ini masih menunggu dari pusat,” bebernya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.