Universitas PGRI Palembang Jalin Kerja Sama dan Gelar PkM di SMAN 1 Tulung Selapan OKI  

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka secara kegiatan PkM di SMAN 1 Tulung Selapan Kabupaten OKI, Selasa (8/12/2020).

Kayuagung, Sumselupdate.com – Universitas PGRI Palembang secara resmi menjalin kerja sama dengan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Berkas kerja sama yang dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) ini ditandatangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi yang diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Drs Sukardi, MPd dan Kepala SMAN 1 Tulung Selapan Rifki Heriyanto, SPd, Selasa (8/12/2020).

Bacaan Lainnya

Usai penandatanganan nota kesepahaman, acara dilanjutkan dengan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan oleh dosen Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang terhadap para siswa kelas XII SMAN 1 Tulung Selapan Kabupaten OKI.

Acara penandatanganan MoU dan PkM ini dihadiri oleh  Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Dr Andi Arif Setiawan, MSi, Ketua Program Studi (Kaprodi) Fisika Jumingin, MSi serta jajaran dosen, staff pengelola, dan mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang.

Dalam sambutannya, Kepala SMAN 1 Tulung Selapan, Rifki Heriyanto, SPd mengucapkan terima kasih kepada Rektor Universitas PGRI Palembang dan jajaran atas kunjungan, kerja sama, dan kegiatan PkM yang dilakukan dosen Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka secara kegiatan PkM di SMAN 1 Tulung Selapan Kabupaten OKI, Selasa (8/12/2020).

Rifki Heriyanto berharap para siswa dapat menyerap ilmu dan keterampilan yang diberikan oleh dosen dan mahasiswa Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang.

Sedangkan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas PGRI Palembang Drs Sukardi, MPd dalam sambutannya mengatakan, banyak keuntungan yang diperoleh SMAN 1 Tulung Selapan di antaranya para siswa yang akan melanjutkan studinya di Universitas PGRI Palembang dibebaskan dari uang pendaftaran dan penawaran beasiswa kuliah gratis.

Bagi para guru yang akan melanjutkan studi Strata Dua (S2) di Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang diberi potongan biaya SPP sebesar 25% serta banyak lagi kemudahan yang akan didapatkan pihak SMAN 1 Tulung Selapan.

Sementara itu, Ketua PkM sekaligus Kaprodi Fisika Fakaultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang, Jumingin, MSi mengatakan, tujuan dari PkM ini untuk mengenalkan Universitas PGRI Palembang khususnya Prodi Fisika ke masyarakat dan sebagai perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Dalam kegiatan PkM yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang bertemakan ‘Pembuatan Rangkaian Elektronika yang Bermanfaat dalam Kehidupan Sehari-hari Bagi Pelajar Kelas XII Kelas XII di SMAN 1 Tulung Selapan’.

Adapun pembicara dalam kegiatan PkM ini adalah Kaprodi Fisika Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang, Jumingin, MSi yang membawakan materi Pengenalan Komponen-Komponen Dasar Elektronika, Fungsi, dan Karakteristiknya.

Atina, SSi, MSi menyampaikan materi Pembuatan Power Bank Menggunakan Baterai 9 Volt Sebagai Charger Handphone.

Materi Pembuatan Lampu Hias dengan Sumber Arus dari  Power Bank disampaikan oleh Parmin Lumban Toruan, SSi, MT.

Dr Andi Arif Setiawan, MSi menyampaikan materi mengenai Pemanfaatan Catu Daya untuk Elektrolisis Air sebagai  Penghasil Energi.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd memberikan cindra mata kepada Kepala SMAN 1 Tulung Selapan Rifki Heriyanto, SPd, Selasa (8/12/2020).

Sagita Charolina Sihombing, MSi membawakan materi mengenai Optimalisasi Aliran Arus Listrik pada Rangkaian Listrik dengan Eliminasi Gauss, Rahmawati, MPd dengan materi Desain Pembelajaran Matematika Materi Logika Matematika dengan Konteks Rangkaian Listrik.

Sedangkan materi berjudul Manfaat Listrik Cadangan Ketika Terjadi Pemadaman Listrik PLN Bagi AktiSosial dan Ekonomi Masyarakat disampaikan oleh Joni Iswan, SSos, MSi.

Sementara mahasiswa bernama Gelen Pranata dan Heru Prasetio memberikan praktik mengenai Pembuatan Rangkaian lampu Flip-Flop.

Untuk praktik Pembuatan Rangkaian Strobo Kendaraan Bermotor disampaikan oleh Agung Juanda dan Widya Rahmadani.

Kegiatan PkM ini disambut dengan antusias para siswa kelas XII SMAN 1 Tulung Selapan Kabupaten OKI. Para siswa berpendapat kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka khususnya yang berkaitan dengan bidang Fisika. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.