Universitas PGRI Palembang dan LLDIKTI Wilayah II Gelar Workshop Pemanfaatan SIG Sebagai Media Pembelajaran

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR membuka workshop secara daring pemanfaatan Sistem Informasi Geografi (SIG) sebagai media pembelajaran pada 30-31 Maret 2021.

Palembang, Sumselupdate.com – Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang bekerja sama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II menggelar workshop secara daring pemanfaatan Sistem Informasi Geografi (SIG) sebagai media pembelajaran pada 30-31 Maret 2021.

Kegiatan yang bertema ‘Workshop Daring Pemanfaatan Sistem Informasi Geografi sebagai Media Pembelajaran’ bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan khususnya bagi guru geografi dalam membuat media pembelajaran geografi berbasis SIG.

Bacaan Lainnya

Narasumber menyampaikan materi dalam workshop secara daring pemanfaatan Sistem Informasi Geografi (SIG) sebagai media pembelajaran pada 30-31 Maret 2021.

Kegiatan workshop diikuti 266 peserta dari kalangan guru geografi, dosen maupun praktisi yang berasal dari 64 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Workshop daring Pemanfaatan SIG Sebagai Media Pembelajaran dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR dan dihadiri Sekretaris LLDIKTI Wilayah II Dr Nuril Furqan, MPd.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR mengucapkan terima kasih kepada LLDIKTI wilayah II yang telah memfasilitasi penyelenggaraan workshop ini.

Narasumber menyampaikan materi dalam workshop secara daring pemanfaatan Sistem Informasi Geografi (SIG) sebagai media pembelajaran pada 30-31 Maret 2021.

Menurut Bukman Lian, saat ini penguasaan konsep lokasi melalui peta digital sangat penting seiring dengan kemajuan teknologi.

Maka dari itu, Rektor berharap kegiatan seperti ini dapat kontinyu dilakukan.

Senada dikatakan Sekretaris LLDIKTI Wilayah II Dr Nuril Furqan, MPd. Beliau mengucapkan terima kasih kepada Rektor Universitas PGRI Palembang.

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan awal yang baik kerja sama antara LLDIKTI Wilayah II dengan  Universitas PGRI Palembang.

Nuril Furqan mengatakan LLDIKTI Wilayah II siap memfasilitiasi berbagai kegiatan dosen di lingkungan Universitas PGRI Palembang dalam rangka melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Peserta serius mengikuti workshop secara daring pemanfaatan Sistem Informasi Geografi (SIG) sebagai media pembelajaran pada 30-31 Maret 2021.

Dalam workshop yang dilaksanakan selama dua hari dilakukan penyampaian materi sekaligus simulasi membuat peta digital dengan aplikasi SIG oleh narasumber dari Program Studi Pendidikan Geografi Universitas PGRI Palembang.

Untuk hari pertama para pemateri adalah Laili Rosita, MPd, Maharani Oktavia, MSc, Mega Kusuma Putri, MPd, Mirna Tufik, MSc, dan Siti Asiyah, MPd.

Adapun materi yang disampaikan mengenai media pembelajaran geografi, penggunaan aplikasi pemetaan, sumber data spasial, praktek georeferance, dilanjutkan dengan praktek digitasi sebagai kegiatan penutup di hari pertama.

Workshop secara daring pemanfaatan Sistem Informasi Geografi (SIG) sebagai media pembelajaran pada 30-31 Maret 2021.

Untuk hari kedua materi disampaikan Eni Heldayani, MSc dan Budi Utomo, MSc. Keduanya menyampaikan materi mengenai editing dan layout disertai praktek langsung oleh peserta dengan arahan dari narasumber melalui zoom meeting dan disimpulkan oleh Nuranisa, MPd sebagai pendamping pada kegiatan simulasi.

Kegiatan ini juga mendapat sambutan baik dari peserta. Yayuk Ike, salah seorang peserta mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara karena materi yang disampaikan sangat bagus dan bermanfaat meskipun dilakukan secara daring. (rel)

PDIP

PKB

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.