Universitas PGRI Palembang dan LL Dikti Wilayah II Gelar Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal Terindeks Sinta

Suasana Workshop Pendampingan dan Percepatan akreditasi jurnal terindeks SINTA yang digelar 1-2 Maret 2021 di Aula H Aidil Fitri Syah Gedung Business & Science Center Universitas PGRI Palembang.

Palembang, Sumselupdate.com – Universitas PGRI Palembang dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah II menggelar Workshop Pendampingan dan Percepatan akreditasi jurnal terindeks SINTA.

Kegiatan workshop ini diikuti 25 orang pengelola Jurnal berasal dari 24 perguruan tinggi swasta di Sumatera Selatan (Sumsel) dan ditambah 17 orang pengelola jurnal di Universitas PGRI Palembang.

Bacaan Lainnya

Workshop yang menghadirkan tiga narasumber berasal dari Relawan Jurnal Indonesia, yakni Dr Heri Nurdiyanto, SKom, MTI,  Hamid Mukhlis, MPsi, dan Karona Cahya Susena, SE, MM dilaksanakan selama dua  hari mulai 1-2 Maret 2021 di Aula H Aidil Fitri Syah Gedung Business & Science Center Universitas PGRI Palembang.

Suasana Workshop Pendampingan dan Percepatan akreditasi jurnal terindeks SINTA yang digelar 1-2 Maret 2021 di Aula H Aidil Fitri Syah Gedung Business & Science Center Universitas PGRI Palembang.

Kepala LL Dikti Wilayah II  Prof Yuliansyah, SE, MSA, PhD Akt CA saat diwawancara menjelaskan lembaga yang dipimpinnya ini membawahi empat wilayah masing-masing Sumsel, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung.

Dikatakannya, LL Dikti Wilayah II mempunyai beberapa program kerja yang sangat strategis untuk meningkatkan dan mendokrak peningkatan kualitas perguruan tinggi.

“Untuk tahun ini fokus pada peningkatan kualitas dosen guna mendorong meningkatkan sumberdaya manusia, salah satunya menggelar workshop pendampingan dan percepatan akreditasi jurnal terindeks Sinta bagi perguruan tinggi di lingkungan LL Dikti Wilayah II ini,: kata Yuliansyah yang didampingi rekannya Sunarto, SH, MSi, FX Romi Kurniadi Saputra, SKom, Hairani, SSos, Elisabeth Marbun, SE, Arif Nurzaman, SKom, dan Marce Lay, SSos, MA.

Kepala LL Dikti Wilayah II Prof Yuliansyah, SE, MSA, PhD Akt CA

Yuliansyah berharap melalui workshop ini dapat meningkatkan peringkat jurnal-jurnal yang ada di LL Dikti Wilayah II, sehingga dapat memudahkan dosen untuk publikasi di jurnal sendiri, karena selama ini publikasi jurnal di luar wilayah Sumbagsel.

Dikatakan Yuliansyah, perguruan tinggi swasta (PTS) LL Dikti Wilayah II saat ini sebanyak 205 lembaga dengan rincian Sumsel sebanyak 106 lembaga, Lampung sebanyak 69 lembaga, Bengkulu 14 Lembaga, dan Bangka Belitung 16 lembaga.

“Tahun ini difokuskan untuk program peningkatan sumberdaya manusia dan institusi. Dosen merupakan orang-orang penting dan salah satu aset percepatan pembangunan Sumber Daya Manusia di LL Dikti Wilayah II,” ujarnya.

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR.

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR menyambut baik kerja sama yang dijalin dengan LL Dikti wilayah II.

Bukman Lian mengucapkan terima kasih dengan ditunjuk Universitas PGRI Palembang sebagai tuan rumah dalam kegiatan workshop pendampingan dan percepatan akreditasi Jurnal Terindeks Sinta dalam rangka implementasi program kerja sama dengan LL Dikti Wilayah II.

Rektor Universiats PGRI Palembang ini mengungkapkan siap mendukung seluruh program kerja LL Dikti Wilayah II.

“Universitas PGRI Palembang siap membantu dan memfasilitasi dalam hal percepatan akademik yang menjadi program kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah II,” tandas Bukman.

Suasana Workshop Pendampingan dan Percepatan akreditasi jurnal terindeks SINTA yang digelar 1-2 Maret 2021 di Aula H Aidil Fitri Syah Gedung Business & Science Center Universitas PGRI Palembang.

Dikatakan Bukman, Universitas PGRI Palembang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Sumsel memiliki 27 Jurnal ilmiah.

Dari 27 jurnal tersebut terdapat 6 Jurnal yang telah terakreditasi Sinta, yaitu Jurnal Sainmatika (Sinta 3). Jurnal Halaman Olahraga Nasional (HON-Sinta 3). Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan (JMKSP- Sinta 3). Jurnal Redoks (Sinta 4). Jurnal Deformasi (Sinta 5), dan Jurnal Sitakara (Sinta 6).

“Selain itu terdapat 10 Jurnal dalam proses penilaian, sedangkan 11 jurnal masih proses pengajuan akreditasi,” katanya

Dijelaskan Bukman, tujuan kegiatan Workshop ini sebagai pendampingan dan percepatan akreditasi jurnal teindeks Sinta guna mendorong pengelola jurnal di lingkungan LL DIKTI Wilayah II yang melakukan submit pengajuan akreditasi.

Berfoto bersama usai digelarnya pembukaan Workshop Pendampingan dan Percepatan akreditasi jurnal terindeks SINTA yang digelar 1-2 Maret 2021 di Aula H Aidil Fitri Syah Gedung Business & Science Center Universitas PGRI Palembang.

Untuk itu, Bukman mengaku mengikutsertakan 17 orang pengelola jurnal di Universitas PGRI Palembang agar dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk mengetahui cara dan syarat mengajukan akreditasi jurnal.

Selain itu, melalui kegiatan workshop ini bisa meningkatkan kemampuan pengelola jurnal dalam mengelola jurnal serta meningkatkan akreditasi jurnal di lingkungan Universitas PGRI Palembang yang dapat berdampak pada penilaian akreditasi institusi dan program studi. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.