Ungguli Puan, Ganjar Pranowo Tempel Ketat Prabowo Dalam Survei Capres 2024

Ganjar Pranowo memberikan lukisan kepada Megawati [Tangkapan layar Youtube]

Jakarta, Sumselupdate.com – Nama Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo lagi-lagi berada di posisi atas elektabilitas calon presiden (capres). Hal tersebut terungkap dari hasil survei yang dilakukan lembaga Parameter Politik Indonesia.

Ganjar yang dipilih 13,8 persen hanya kalah dari elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang menurut survei tersebut berada di posisi puncak elektabilitas dengan 16,4 persen.

Bacaan Lainnya

Untuk diketahui, survei yang dilakukan pada periode 23 Mei hingga 28 Mei 2021 itu melemparkan pertanyaan kepada responden, ‘Jika pemilihan presiden dilaksanakan saat ini, dan Presiden Joko Widodo tidak boleh mencalonkan diri lagi, siapakah yang akan ada pilih menjadi presiden?’.

Selain nama Prabowo dan Ganjar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di posisi selanjutnya dengan jumlah responden yang memilih sejumlah 12,1 persen responden.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, dalam paparannya yang disampaikan melalui daring pada Sabtu (5/6/2021), mengemukakan hasil survei yang dilakukan lembaganya menunjukan masyarakat secara umum tidak berubah dalam top of mind mereka terkait calon presiden pada 2024 mendatang.

“Peta politiknya secara umum memang tidak pernah berubah, bahwa tokoh-tokoh yang selama ini dipersepsikan selalu menjadi salah satu figur yang layak dipertaruhkan 2024 itu selalu menjadi konsumsi masyarakat secara umum tentang top of mind calon presiden,” katanya, dikuti dari Suara.com (jaringan nasional Sumselupdate.com).

Sementara itu, nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berada jauh di bawah Anies, dengan perolehan 5,6 responden, disusul Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno 4,5 persen repsonden.

Berturut-turut, Ridwan Kamil (4,2 persen), Tri Rismaharini (3,9 persen), Basuki Tjahaja Purnama (2,1 persen), Gatot Nurmantyo (2 persen), Puan Maharani (1,1 persen) dan Jusuf Kalla (1,1 persen). Sementara, responden yang memilih tidak menjawab mencapai 23,9 persen.

Dalam survei tersebut, dilibatkan 1.200 responden dengan menggunakan metode simple random sampling dari 6.000 nomor ponsel yang dipilih secara acak. Sedangkan, margin of error survey sebanyak 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.