Uang Pensiun 75 Anggota Dewan Sumsel 2014-2019 Segera Cair, Ini Besarannya…

Sekretaris DPRD Sumsel Ramadhan S Basyeban.

Palembang, Sumselupdate.com – Dana pensiun 75 anggota DPRD Sumsel masa jabatan 2014-2019 akan segera cair. Dana purna bakti itu diberikan sebagai jasa pengabdian para politikus itu selama bekerja lima tahun dan merupakan hasil simpanan dari masing-masing anggota dewan pada Yayasan Purnabakti (Yanarti).

Dikatakan Sekretaris DPRD Sumsel Ramadhan S Basyeban, dana Yanarti itu adalah dana representasi tiap anggota yang secara otomatis dipotong oleh yayasan sejak awal dilantik. Selanjutnya dana itu dibagikan tiap anggota ketika berhenti melaksanakan tugas.

Bacaan Lainnya

“Untuk dana Yanarti, surat sudah kita kirim. Tinggal proses di Jakarta saja. Mungkin dalam minggu ini cair,” kata Ramadhan.

Untuk dana pensiun, jelas Ramadhan, dibagi menjadi dua yakni tunjangan dan jasa pengabdian, tiap anggota akan mendapat dana yang berbeda-beda. Khusus tunjangan anggota dengan jabatan ketua akan mendapat Rp16,8 juta. Itu apabila menjabat genap selama 5 tahun atau kurang lebih 56 bulan. Besaran dana yang diterima setelah tiap bulannya dipotong sebesar Rp300 ribu dari uang representasi.

“Untuk wakil ketua dengan masa kerja 5 tahun dan potongan sebesar Rp240 ribu akan mendapat sebesar Rp13,44 juta. Sedangkan untuk anggota biasa dengan masa kerja 5 tahun dan potongan Rp225 ribu akan mendapatkan Rp12,6 juta,” ujarnya seraya menambahkan, khusus anggota pengganti antar waktu (PAW)  nominalnya akan disesuaikan masa tugas.

Selain dana Yanarti, 75 anggota DPRD Sumsel periode lalu itu, menurut Ramadhan, juga akan mendapatkan dana pengabdian yang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Adminitratif anggota DPRD. Dalam pasal 19 ayat 2 disebutkan jika uang jasa pengabdian diberikan 6 kali uang representasi seluruh anggota.

Uang jasa pengabdian yang dimaksud yakni untuk ketua sebesar Rp18 juta, wakil ketua Rp14,4 juta dan anggota Rp13,5 juta. Besaran dana yang diterima tersebut apabila masing-masing genap menjabat 5 tahun sebagai anggota DPRD Sumsel.

“Kalau yang itu murni dari pemerintah sebagai uang jasa pengabdian bagi seluruh anggota dewan. Itu akan diberikan secara bersamaan,” ujarnya. (eno)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.