Tradisi Sedekah Kampung Desa Terentang, Media Silaturahmi dan Bersyukur Warisan Leluhur

Penulis: - Minggu, 23 Juni 2024
Bupati Bangka Barat, Sukirman saat menghadiri tradisi sedekah kampung yang turut dirangkaikan dengan arak-arakan keliling desa bagi sepuluh anak yang khatam Alquran di Desa Terentang, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Minggu (23/6/2024).

Bangka Barat, Sumselupdate.com – Pemerintah Desa Terentang, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar tradisi sedekah kampung yang turut dirangkaikan dengan arak-arakan keliling desa bagi sepuluh anak yang khatam Alquran.

Tradisi yang setiap tahun dilaksanakan oleh masyarakat setempat dilangsungkan di depan Masjid Nurul Iman, Minggu (23/6/2024).

Bacaan Lainnya

Bupati Bangka Barat, Sukirman dalam sambutannya berharap agar tradisi sedekah kampung Desa Terentang dapat tetap dijaga dan dilestarikan.

“Tetap jaga kekompakan dan kebersamaan karena tradisi ini adalah warisan budaya yang ditinggalkan leluhur oleh Desa Terentang,” ujarnya.

Kepada para peserta khataman Alquran, Bupati berpesan untuk tetap mengamalkan dan tidak berhenti mengkaji ajaran-ajaran Allah SWT yang terdapat dalam kitab suci umat Islam tersebut.

“Untuk anak-anak yang sudah berkhatam hari ini, tetap berlanjut terus, serta jangan lupa hiasi setiap musholla dengan al-Quran sebagai pedoman dan pegangan hidup kita di akhirat dan semoga kita selalu diberi keberkahan oleh Allah SWT,” tutup Sukirman.

Saat ditemui Tim Liputan Diskominfo, Kepala Desa Terentang, Yusuf mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mempererat tali silahturahmi antar sesama dan sebagai wujud syukur warga setempat atas hasil panen tahun ini.

“Alhamdulillah tahun ini antusias masyarakat di Desa Terentang cukup meriah, ada arak-arakan keliling kampung  yang sudah khatam Alquran,” ujarnya.

Pada akhir acara, masyarakat berkumpul bersama di lapangan desa untuk menikmati suguhan tarian dan musik tradisional rudat dan rebana, dengan sajian makanan khas dodol yang disiapkan sejak sehari sebelumnya. (**)

 

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.