Tim Validasi Dapertemen Award Kamendagri Kunjungi Puskesmas Terawas

Kunjungan tim validasi dari Kemendagri ke Puskesmas Ulu Terawas.

Muarabeliti, Sumselupdate.com – Kepala Bidang Pengembangan Inovasi Daerah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia Dr Saydiman Marto S.STP, MSi berkunjung ke Kabupaten Musi Rawas (Mura), Kamis ( 19/9/2019).

Kunjungan Kemendagri RI ke Unit Pelayanan Teknis Pelayanan Kesehatan Masyarakat (UPT Pusksemas) Kecamatan STL Ulu Terawas didampingi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang ) Kabupaten Mura Bambang Hermanto dan disambut Kepala UPT Puskesmas Terawas Turyana Skm.

Bacaan Lainnya

Kepala BPID Kemendagri RI Dr Saydiman Marto mengatakan, kunjungan ini adalah tim validasi dalam rangka Departemen Award yang mana validasi di lapangan itu sedang berjalan dan terkait inovasi–inovasi yang sudah ikut dalam titik melalui aplikasi.

Karena Kabupaten Mura masuk delapan besar dengan nilai–nilai tertinggi untuk katagori kabupaten yang mana skor tertinggi indeks itu ada di Kabupaten Mura yaitu berada pada UPT Puskesmas Terawas dengan program Inovasi Polindeks.

“Terkait penanganan pasien penyakit TB, selain itu di sini juga kami adakan wawancara langsung terhadap pasien TB secara interaktif hingga ke stakolder terkait maupun UPT Puskesmas hingga staf dan Mitra Nenek Ali,” kata Saydiman.

Selanjutnya inovasi ini bisa dipertimbangkan dan menjadi percontohan bagi puskesmas–puskesmas lain, khususnya di Kabupaten Mura dan Provinsi Sumsel hingga Indonesia pada umumnya.

“Kemudian untuk kesejahteraan pengawai setelah saya berbincang-bincang tadi sampai saat ini tenaga medis masih ada yang tenaga sukarela yang tidak masuk dalam anggaran,” ujarnya.

Hal ini perlu dipertimbangkan kembali sebab menjadi tenaga medis itu sangat beresiko tinggi, baik dalam menangani pasien maupun yang berkaitan dengan kesehatan. “Pada kesempatan ini kami sempat mengunjungi Darussalam terkait kurikulum kebijakan daerah yang diterapkan melalui SD, SMP dan SMA  sehingga kurikulum itu masuk ke sekolah – sekolah,” tambah Saydiman.

Sementara itu Kepala UPT Puskeamas Terawas Turyana Skm mengucapkan ribuan terimakasih kepada tim validasi dari Kemendagri RI yang sudah berkenan mengunjungi Puskemas Terawas.

“Apa yang telah disampaikan tadi dapat bermanfaat bagi kami khususnya Puskemas Terawas hingga Kabupaten Mura sendiri,” kata Turyana.

Ditambahnya dua inovasi yang ditinjau oleh Kemendagri RI itu dari 31 inovasi–inovasi yang telah dicanangkan oleh Sekretariat Kerja Prangkat Daerah (SKPD) lain. Sedangkan untuk Dinas Kesehatan hanya ada dua yakni TB dan Vaksin Exselen, “Selanjutnya kami juga merasa banga dapat mewakili Kubapaten Mura dalam program inovasi,” jelasnya. (dri)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.