Tidak Berikan Izin Terdakwa Hadir Sidang, JPU Nilai Kalapas Perempuan Tak Mengerti Hukum

JPU Kejati Sumsel, Naimullah, SH. MH.

Palembang, Sumselupdate.com – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumsel, sayangkan sikap Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Perempuan Merdeka, tidak memberikan izin terdakwa Dwi Kridayani untuk hadir secara langsung saat persidangan dugaan korupsi pembangunan Masjid Sriwijaya di Pengadilan Tipikor Palembang.

JPU Kejati Sumsel, Naimullah SH MH menyebut, alasan Kalapas Perempuan tersebut tidak memberikan izin dengan dalih surat edaran Kemenkuham

Read More

“Padahal seperti yang teman-teman wartawan ketahui contohnya, dari Rutan Pakjo selama ini terdakwa maupun saksi bisa dihadirkan secara langsung dalam persidangan, itu karena demi kepentingan hukum,” tegasnya usai sidang, Rabu (13/10/2021).

Bahkan ironisnya lanjut Naim, Kalapas Perempuan tetap tidak mau mengeluarkan terdakwa ke persidangan meskipun ada penetapan hakim.

“Jadi kami menilai, Kalapas ini tidak mengerti hukum. Karena sudah jelas-jelas ada penetapan dari majelis hakim. Terdakwa dihadirkan sebagai saksi dipersidangan itu semata-mata keterangannya sangat dibutuhkan untuk pembuktian perkara dipersidangan,” tegasnya.

Ia juga mengatakan, dirinya bakal berupaya untuk menghadirkan terdakwa langsung saat persidangan. (Ron)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.