Terima Estafet Mandat Pemimpin ASEAN, Ini Tugas Berat Indonesia ke Depan

Senin, 30 Januari 2023

Jakarta, Sumselupdate.com – Indonesia melalui Presiden Joko Widodo menerima estafet mandat ketua ASEAN 2023 dari Kamboja oleh Perdana Menteri Kamboja Hun Sen.

Jokowi telah mengumumkan dimulainya kick off Keketuaan ASEAN 2023. Indonesia resmi menjadi ketua ASEAN 2023 dan mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.

Bacaan Lainnya

Untuk diketahui, Ketua ASEAN adalah negara yang memperoleh mandat untuk memimpin KTT ASEAN dan KTT terkait Dewan Koordinasi ASEAN, tiga Dewan Komunitas ASEAN, Badan Menteri Sektoral ASEAN terkait dan pejabat senior, dan Komite Perwakilan Tetap. Hal tersebut sebagaimana termuat dalam Pasal 31 Piagam ASEAN.

Sebagai Ketua ASEAN 2023, Indonesia akan memimpin sekaligus menjadi tuan rumah pelaksanaan KTT ASEAN 2023 dan KTT terkait.

Melansir dari situs resminya, ketua ASEAN ditentukan berdasarkan urutan abjad negara-negara anggota. Posisi itu harus dirotasi setiap tahunnya.

Tugas Ketua ASEAN

1. Memimpin KTT ASEAN dan KTT terkait, Dewan Koordinasi ASEAN, tiga Dewan Komunitas ASEAN, Badan Menteri Sektoral ASEAN terkait dan pejabat senior, dan juga Komite Perwakilan Tetap.

2. Aktif mempromosikan dan meningkatkan kepentingan dan kesejahteraan ASEAN, hal tersebut juga termasuk upaya untuk membangun Komunitas ASEAN melalui inisiatif kebijakan, koordinasi, konsensus, dan juga kerja sama.

3. Bisa memastikan sentralitas ASEAN.

4. Memastikan tanggapan yang efektif serta tepat waktu terhadap isu-isu mendesak atau situasi krisis yang berpengaruh pada ASEAN, termasuk menyediakan kantor yang baik dan juga pengaturan lain untuk segera mengatasi masalah.

5. Mewakili ASEAN dalam memperkuat dan mempromosikan hubungan yang lebih dekat dengan mitra eksternal.

6. Melaksanakan tugas dan fungsi lain yang mungkin diamanatkan. (adm3/sur)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.