Tapal Batas Palembang-Banyuasin Belum Ada Solusinya

KERJA SAMA-Walikota Palembang Harnojoyo bersama Bupati Banyuasin usai penadatanganan kerja sama pembangunan dengan Kabupaten Banyuasin, Selasa (25/8/2020).

Palembang, Sumselupdate.com-Persoalan tapal batas Palembang-Banyuasin telah dibahas sejak beberapa tahun lalu. Hanya saja persoalan ini hingga kini tidak kunjung selesai. Walikota Palembang Harnojoyo memastikan telah membicarakannya dengan Bupati Banyuasin Askolani.

Permasalahan tapal batas memang masih menjadi masalah,.salah satunya dengan Banyuasin yang belum selesai. Bahkan sebelumnya direncanakan dilakukan tukar guling yakni menukar wilayah Talang Buluh dengan Tegal Binangun. Namun, sampai saat ini belum ditemukan titik temunya.

Palembang memiliki batas wilayah dengan tiga daerah, yakni Banyuasin, Ogan Ilir dan Muaraenim. Diketahui, 3/4 wilayah Palembang memiliki batas wilayah atau tapal batas dengan Kabupaten Banyuasin.

“Tapal batas nanti ada solusinya. Kita sudah biacarakan dengan Bupati Banyuasin, dan akan dilihat kelanjutannya ke depan seperti apa. Meski demikian pelayanan masyarakat tetap kita lakukan,” kata Walikota Palembang Harnojoyo usai penadatanganan kerja sama pembangunan dengan Kabupaten Banyuasin, Selasa (25/8/2020).

Harnojoyo mengatakan, saat ini Kota Palembang juga sedang mempercepat perluasan wilayah yang sedang diproses oleh Bappeda dan telah diajukan ke DPRD Kota Palembang dan diteruskan ke DPRD Sumsel.

“Perluasan wilayah ini seuas 15km dihitung dari titik 0 Kota Palembang,” katanya.

Bupati Banyuasin Askolani mengatakan, tapal batas Palembang Banyusin salah satu yang dibicarakan dalam pertemuan dengan Walikota Palembang. Pihaknya juga akan membicarakan hal tersebut dengan masyarakat akan dicarikan solusinya.

“Kita tadi melakukan penandatanganan MoU dengan Pemkot Palembang mengenai pembangunan dan pelayanan di wilayah perbatasan,” katanya.

Askolani mengatakan, Palembang dan Banyuasin tidak bisa dipisahkan. Maka dilakukan kerja sama pembangunan pendidikan, infrastruktur jalan, air bersih, limbah dan persampahan.

“Dalam waktu dekat akan dibangun TPA Regional di Talang kelapa, setelah MoU ini akan ditindaklanjuti. Banyuasin ini daerah penyanggah Palembang semua yang dilakukan untuk kepentingan bersama,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.