Tanah Tergerus Sungai, Rumah Warga Desa Darmo Muaraenim Terancam Ambruk

Kondisi rumah warga yang telah menggantung karena tanah tergerus arus Sungai Enim

Laporan Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com — Beberapa rumah warga di Dusun IV, Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muaraenim, Sumsel terancam Ambrol. Pasalnya, kondisi beberapa rumah warga ini sudah menggantung akibat tanah yang longsor oleh tergerus Sungai Enim.

Read More

Kepala Desa Darmo Ilwan Utama saat disambangi awak media mengungkapkan, kondisi rumah warga seperti itu sudah hampir berjalan kurun waktu 2 tahun terakhir.

Pihaknya sendiri sudah melakukan usulan pada Musrenbangdes dan Musrenbang Kecamatan. Namun, hingga saat ini, bantuan pembangunan beronjong belum juga direalisasikan oleh pihak terkait.

“Sudah sering diajukan pada musrenbang, mulai dari tingkat desa hingga kecamatan. Namun sampai saat ini belum ada tindakan. Besar harapan kita bisa segera dibangun beronjong di lokasi ini,” ungkapnya, Jum’at (26/03/2021) saat disambangi awak media.

Dikatakannya, pembangunan beronjong untuk menahan tanah ini diperkirakan sepanjangan kurang lebih 100 meter. Untuk itu, kepentingan urgen seperti ini diharapkan untuk segera di realisasikan pembangunan beronjong di pinggiran tanah yang telah longsor tergerus sungai enim.

“Sampai saat ini sudah mengancam 3 rumah dan hal ini sangat urgen, dan 2 rumah lagi yang menunggu akan tergerus longsor dari sungai Enim. Jadi, ada sekitar 5 rumah yang terncam,” bebernya.

Sementara itu, pihak pemerintah dan warga berupaya melakukan penananaman di lokasi, agar dapat menahan tanah yang terus digerus Sungai Enim.

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Muaraenim Liono Basuki BSc telah menerima laporan tersebut dan usulan dari warga sudah diteruskan ke dinas terkait.

“Ya sudah kita terima berkas usulannya, dan sudah saya serahkan ke dinas terkait,”pungkasnya.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.