Taman Bunga Celosia Kabupaten Mura Didesain Seperti di Negara Belanda

Bupati Mura H Hendra Gunawan saat berada di Taman Bunga Celosia.

Muarabeliti, Sumselupdate.com – Taman Bunga Celosia di Desa J Ngadirejo Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musirawas (Mura), Provinsi Sumatera Selatan yang didesain seperti taman nunga di Negeri Kincir Angin Belanda, menjadi salah satu daya tarik wisatawan baik lokal, regional maupun nasional.

Bupati Mura H Hendra Gunawan, Rabu (9/10/2019) mengatakan, saat berkunjung ke  Taman Bunga Celosia sangat bangga dengan kreatifitas dan inovasi yang diciptakan oleh masyarakat.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, pemanfaatan lahan untuk dijadikan Taman Celosia dan Bunga Matahari yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Mura.

Dikatakan, munculnya taman bunga ini, membuktikan masyarakat di Kabupaten Mura mampu berinovasi dan berpikir lebih maju dengan membaca peluang dan potensi yang ada.

Lahan persawahan yang awalnya hanya ditanami padi, kini menjadi kebun bunga layaknya taman bunga yang ada di negara Belanda.

Selain menikmati indahnya hamparan taman bunga celosia, Bupati juga menyempatkan untuk berswafoto di spot-spot foto yang telah disediakan oleh pemilik taman bunga.

Tak hanya itu, bupati juga nampak begitu akrab dan ramah kepada masyarakat dan pengunjung yang datang dengan mengajak foto bersama.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mencoba menerbangkan pesawat pengusir burung hasil karya warga Sumberharta yang berhasil menjuarai Teknologi Tepat Guna tingkat nasional.

Penerbangan pesawat pengusir burung ini, menjadi perhatian para pengunjung yang hadir. Sehingga membuat suasana di Taman Bunga Celosia layaknya perlombaan Aeromodelling.

Munculnya taman bunga ini, merupakan salah satu bukti di mana di tengah terpuruknya perekonomian masyarakat Mura yang banyak menggantungkan hidup di sektor pertanian, baik karet dan padi, masih bisa berkarya. Dia berharap dengan inovasi ini  mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Bayangkan sedikitnya 4.000 pengunjung telah datang untuk berlibur dan berwisata di sini, jika dikalikan Rp10 ribu sekali masuk, sudah berapa. Intinya memang masyarakat kita ke depan sudah siap untuk bersaing. Apalagi Desa J Ngadirejo pada tahun 2016 lalu terpilih sebagai Desa Terbaik Nasional,” kata Bupati.

Tak hanya itu, Bupati juga sangat mendukung dengan kreatifitas dan inovasi warga Mura yang membuat pesawat pengusir burung. Di mana nenek moyang dulu, mengusir burung menggunakan kaleng dan orang-orangan di sawah. Namun sekarang, seiring perkembangan jaman menggunakan pesawat dengan remote control.

Ke depan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk menjadikan Inovasi-inovasi yang telah diciptakan di Bumi Mura  ini dapat di jadikan salah satu mata pelajaran ekstrakulikuler sehingga dapat menciptakan Habibi-Habibi lainnya di daerah ini.

Sementara itu, ikut mendampingi Bupati, Kepala Diskominfo Mura M Rozak, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mura Mefta Joni, Kabag Humas Mura Dicky Zulkarnain.

Camat Tugumulyo Imam Musadar, Camat Sumberharta Sutarmin, Kades Ngadirejo Edi Suhendro dan para penjabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mura. (ain)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.