Sumur Warga di Tanjung Sakti Mengandung Air Hangat Belerang

Salah satu sumur warga yang mengandung air panas belerang

Laporan: A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Sumber air panas di Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi tujuan orang luar kota.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, sumber air panas di Tanjung Sakti yang diperkirakan berada di tepian Sungai Beringin, mengandung air hangat belerang.

Salah seorang warga Desa Pajar Bulan, Kecamatan Tanjung Sakti, A Kamil mengatakan, sepanjang Sungai Beringin antara Desa Pajar Bulan dan Desa Negeri Kaya, banyak warga memanfaatkan sumber air panas yang keluar dari celah bebatuan tepian air, namun ada juga sumur warga yang mendapatkan panasnya air belerang tersebut.

“Saya menggali sumur di bawah rumah, ternyata, di dalam sumur galian itu, ada juga jalur air panas, sehingga bercampur dengan air sumur, jadi air sumur kami juga hangat rasanya,” kata dia, Minggu (12/6/2022).

Hangat air itu dimanfaatkan Kamil untuk mandi, dia menyalurkan air sumur ke bak mandi, dan bisa dinikmati setiap hari.

“Jadi, kami bisa mandi air hangat di rumah. Tidak perlu lagi pergi ke sumber air hangatnya. Titik mendidih air hangat berada di bawah Jembatan Sungai Beringin,” tutur dia.

Kamil mengakui, tetangganya yang membuat sumur di bawah rumah di tepian Sungai Beringin, juga mendapatkan air hangat.

“Inilah potensi di Tanjung Sakti ada saluran air panas di bawah tanah. Namun hingga saat ini belum ter-eksplor secara maksimal. Kami menduga, tepat di tepian Sungai Beringin inilah, terdapat jalur air hangat belerang,” ungkap dia.

Air hangat, diketahui mengandung belerang, sehingga berkhasiat untuk kesehatan manusia.

“Kalau ada penyakit kulit, mandi di air hangat, Insya Allah bisa sembuh,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.