Subsidi Hotel dan Restoran, Kota Palembang Dapat Rp30,8 Miliar

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Litbang Kota Palembang Harrey Hadi

Palembang, Sumselupdate.com-Pemerintah Pusat segera menyalurkan dana hibah pariwisata sebesar Rp3,3 triliun bagi pelaku pariwisata dan pemerintah daerah (pemda). Kota Palembang mendapatkan alokasi sebesar Rp30,8 miliar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Litbang Kota Palembang Harrey Hadi mengatakan, dana hibah yang diberikan untuk membantu sektor pariwisata dan pelaku pariwisata yang mana selama pandemi Covid-19 menyebabkan sektor ini sangat terdampak.

Tidak banyak daerah di Indonesia yang menerima hibah dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Dari 100 persen dalam bentuk dana insentif itu, 70 persen diberikan ke sektor yang terkena dampak Covid-19, sisanya sektor pariwisata khususnya terhadap ekonomi kreatif.

“Jadi, kisaran Rp20 miliar untuk hotel dan restoran terdampak dan sisanya ke pelaku usaha ekonomi kreatif,” katanya.

Saat ini, kata Harrey, mereka masih menunggu Juklak dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atas penggunaan anggaran tersebut. Pihaknya sudah melakukan rapat dengan BPPD dan BPKAD untuk mengidentifikasi wajib pajak terkait siapa saja yang akan menerimanya.

“Penentuan berapa besaran satu hotel restoran yang menerima subsidi pemerintah akan dilihat dari kontribusi PAD ke Pemerintah Kota Palembang,” tambah dia.

Harrey menambahkan, sektor pariwisata terutama hotel dan restoran termasuk salah satu yang menyumbang PAD sangat besar. Hanya saja, semenjak pandemi sektor ini merasakan langsung pukulan dari turunnya daya beli masyarakat.

“Mudah-mudahan sebelum tutup tahun pelaku pariwisata sudah bisa menerima bantuan hibah dari Kemenparekraf ini,” ujarnya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.