Songsong Pilkada 2020, Partai Demokrat Sumsel Gelar Raker Konsolidasi

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Hotel The Zuri, Palembang, Sabtu (26/1/2020).   

Palembang, Sumselupdate.com – DPD Partai Demokrat Provinsi Sumsel bersiap diri menatap Pilkada Serentak 2020. Hal tersebut dimatangkan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Hotel The Zuri, Palembang, Sabtu (26/1/2020).

Konsolidasi dan Silaturahmi Partai Demokrat Provinsi Sumsel tersebut mengambil tema “Untuk Kemenangan Pilkada Serentak 2020”. H Muchendi Mahzarekki ketua Komisi Pemenangan Pemilu Daerah (KPPD) Partai Demokrat Sumsel mengatakan, partai besutan H Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut mentargetkan kemenangan 100 persen pada Pilkada Serentak di Sumsel September nanti.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana diketahu September nanti akan dilaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati secara bersamaan di tujuh daerah.

Mulai dari Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten OKU, Kabupaten OKU Selatan, Kabupaten OKU Timur, Kabupaten PALI, Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

“Kita siap hadapi kontestasi. Target kita bisa memenangkan 100 persen Pilkada Serentak di Sumsel 2020 ini,” ujar Muchendi.

Ditambahkan putra sulung H Ishak Mekki (Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel) ini, Partai Demokrat Sumsel bakal buka pendaftaran untuk Pilkada Serentak 2020. “Kita buka pendaftaran, mulai 27 Januari hingga 3 Februari nanti di setiap kantor DPC masing-masing,” tambah pemuda yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel ini.

Setelah pendaftaran akan dilanjutkan dengan proses penjaringan, 4-10 Februari. “Pengembalian berkas sendiri, 21-23 Februari nanti,” terang Koordinator Komisi V DPRD Provinsi Sumsel ini.

Kemudian calon kepala daerah dijadwalkan akan melakukan paparan visi dan misi, 9-15 Maret nanti. “15-31 Maret rapat internal. Dalam pelaksanaan nanti calon kepala daerah wajib melaksanaan survei,” terang legeslatif dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Hanya memberitahu pada Pilkada serentak 2015 Partai Demokrat Sumsel bisa memenangkan 70 persen. Kemudian Pilkada 2017 menang 100 persen. “2018 dari 10 Pilkada kita menang 8 daerah,” terang mantan ketua DPD KNPI Kota Palembang ini.

Ditambahkan Muchendi, partai besutan SBY ini lebih memprioritaskan kader sendiri. “Insya Allah kami DPD akan terbuka. Siapapun kader maju silahkan. Kita juga akan melihat dari hasil survei,” terang dia.

Di Sumsel ada tiga daerah Kader Demokrat yang menjadi unsur pimpinan di DPRD. Yaitu di Kabupaten Pali, OKU Selatan dan Muratara. “Jumlah kursi lebih banyak jadi daerah ini cukup spesial,” tambah mantan ketua DPD KNPI Kota Palembang ini.

Sementara itu MF Ridho sekretaris DPD Partai Demokrat Sumsel menambahkan beberapa DPC sudah sering menanyakan kapan pendaftaran calon kepala daerah dibuka.

“Malah ada yang sudah mempersiapkan diri, namun saya minta tunggu pedoman organisasi (PO) dan junlak. Mulai sekarang lah infokan bahwa kita akan buka pendaftaran,” ujar ketua Fraksi Partai Demokrat Sumsel ini.

Lanjut Ridho, dalam proses penentuan calon kepala daerah, DPD tidak bisa mengambil keputusan. “DPC menjaring DPD menindaklanjuti, keputusan ada di DPP. Pendaftaran terbuka jangan sampai ada kesan nanti ada yang terhambat mau mendaftar. Jadi siapa pun yang akan daftar bisa diterima dengan sebaik-baiknya,” terang dia. (rel/tra)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.