Soal Pengelolaan Dana Desa, Ini Pesan Ketua DPRD PALI

Ilustrasi pencairan Dana Desa.

PALI, Sumselupdate.com – Ketua DPRD Kabupaten PALI Drs. H. Soemarjono mengingatkan kepala seluruh kepala desa yang ada di Kabupaten PALI untuk berhati-hati dalam menggunakan Dana Desa. Apalagi nominal yang bakal dikucurkan untuk 65 desa yang ada sampai sebesar Rp62 miliar.

“Ikuti lah rambu-rambu yang ada, artinya pelaksanaan penyaluran dana desa harus sesuai mekanisme yang telah diatur. Sebab, tahun ini, selain dana dari pemerintah pusat, tiap desa juga bakal menerima kucuran dana dari pemerintah daerah, sebesar 10 persen dari anggaran belanja tidak langsung,” kata Soemarjono, Kamis (4/1/2018).

Bacaan Lainnya

“Jadi apabila belanja tidak langsung sebesar Rp800 miliar, maka dipastikan Pemkab PALI bakal mengucurkan Rp80 miliar untuk desa,” jelas politisi PDI Perjuangan itu.

Dengan besarnya anggaran yang masuk ke desa-desa di Kabupaten PALI, pria yang juga pernah menjadi tenaga pendidik itu menginginkan semua pihak untuk mengawasinya agar penyalurannya benar-benar tepat sasaran.

“Saya hitung-hitung tiap desanya bakal menerima lebih kurang Rp2,5 miliar, ini harus tepat sasaran agar manfaatnya benar-benar dirasakan masyarakat. Untuk itu, pengawasan perlu dilakukan semua pihak, serta saling mengingatkan untuk kebaikan. Karena, tiap tahun anggaran untuk desa pasti bertambah, terutama dari pemerintah daerah,” tambahnya.

Terpisah, Heru Martin, Kepala Desa Talang Akar Kacamatan Talang Ubi menyatakan dirinya siap mengemban amanah dalam pelaksanaan penggunaan dana desa dari pemerintah pusat maupun Alokasi Dana Desa (ADD) dari Pemkab PALI.

“Menentukan pembangunan di desa kami yang menggunakan dana desa atau ADD, kami selalu lakukan musyawarah desa yang kemudian kita tuangkan dalam berita acara. Selain itu, kita juga buat video dokumentasi rapat desa,” paparnya.

“Supaya ketika ada warga atau pihak lain keberatan, data dan dokumen kita lengkap. Sebab kami ingin, dalam kepemimpinan kami ada kemajuan yang terlihat di desa kami, bahkan kami bertekad menjadikan desa kami yang terbaik di Kabupaten PALI,” Haru menambahkan. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.