Soal Migrasi TV Digital, Menkominfo Sebut akan Digelar dengan cara Multiple ASO

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate

Jakarta, Sumselupdate.com – Proses migrasi televisi digital di tanah air masih bergulir secara bertahap. Meski demikian, Kemenkominfo berencana akan dilakukan juga secara multiple Analog Swithc Off (ASO) dan tidak lagi secara bertahap.

Menteri Kominfo Johnny G Plate menyebutkan bahwa metode tidak akan menggeser target ASO, sesuai undang-undang, harus rampung pada 2 November 2022.

Bacaan Lainnya

“Jadi sebelumnya digitalisasi televisi di Indonesia kan awalnya diputuskan akan dilakukan bertahap, namun kita pilih untuk dilaksanakan dengan tahapan berganda atau multiple ASO. Nah di situ kita tidak akan tentukan tanggalnya, jadi yang ada tinggal tanggal akhirnya saja yaitu 2 November tahun 2022,” ujar Plate dalam acara diskusi bertajuk “Dukung Era Baru TV Digital, Jabodetabek Siap ASO” di Jakarta, Jumat (19/8/2022).

Skema ini digunakan berkaca dari pengalaman negara-negara lain yang sudah menerapkan ASO terlebih dahulu seperti Amerika Serikat hingga Jepang. Negara-negara itu berhasil menerapkan migrasi layanan siaran TV-nya dengan skema Multiple ASO.

Skema itu dinilai cocok dengan Indonesia mengingat masyarakat Indonesia berjumlah sangat banyak dan tersebar luas di negara kepulauan.

“Kita harus melihat juga supaya masyarakat bisa tetap mendapatkan layanan dan siarannya tetap sampai ke mereka dengan baik sampai di batas waktu tertentu baru dilakukan full Analog Switch Off secara bertahap,” ujar Plate.

Adapun ASO di Indonesia digelar dalam tiga tahap yang dimulai pada 30 April untuk tahap I, lalu 25 Agustus untuk tahap kedua dan 2 November untuk tahap terakhir. (adm3/sur)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.