SNMPTN Dibuka, Rektor Unsri: Pilih Prodi Sesuai Minat dan Bakat Siswa

Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri), Prof. Dr. Anis Saggaff, MSCE, IPU

Laporan: Syandi Fran Wiidodo

Palembang, Sumselupdate.com – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Sriwijaya (Unsri) telah dibuka pada tanggal 14 hingga 28 Februari 2022. Untuk pengumuman 29 Maret 2022 mendatang

Read More

Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri), Prof. Dr. Anis Saggaff, MSCE, IPU mengatakan, jadwal SNMPTN untuk pengisian PDSS pada 8 Januari-8 Februari. Pendaftaran dibuka 14-28 Februari.

Tidak hanya itu Rektor Unsri ini juga memberi himbauan kepada pihak sekolah untuk tidak terlalu mengatur minat jurusan dari para siswa.

“Kita sudah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Bahkan kita sudah panggil Kepsek se-Sumsel melalui daring jangan mendaftar SNMPTN itu diatur-atur. Bukan rahasia umum lagi, Kepsek yang mengatur siswanya untuk menentukan prodi,” ujarnya.

Untuk itu, dirinya mengimbau anak-anak untuk tidak mengikuti hal tersebut.

“Itu hoaks. Tidak ada SNMPTN diatur atur prodinya oleh Kepsek. Kepsek jangan mengarahkan prodi kepada siswanya, kalau mau banyak diterima diatur-atur prodinya. Itu hoaks karena ini kompetisi tingkat nasional, ” ujarnya dalam konfrensi pers, Kamis (17/2/2022) di gedung KPA.

Lanjutnya juga berpesan pada orang tua, agar jangan memilihkan prodi untuk anaknya. Karena berdasarkan pengalaman mahasiswa, IPK mereka anjlok dipertengahan semester karena tidak sesuai minatnya.

“Pesan saya kepada orang tua, jangan memksakan anaknya kuliah sesuai kehendaknya, tapi sesuai minat anak,” tegasnya

“Sesuai program yang saya buat, mahasiswa itu kuliah cepat, tepat, kualified dan harus beretika. Datang ke Unsri untuk kuliah, jangan masuk Unsri setelah masuk tidak fokus ke akademik, ” katanya

Lebih lanjut Anis mengungkapkan, karena yang mendaftar SNMPTN banyak, maka daftarlah lebih awal. Jangan komplain tidak bisa masuk, karena mendaftar ditiga hari terakhir ketika mau tutup. Karena akan sulit masuk, butuh waktu dalam antrian diserver. “Daftarlah lebih awal supaya biso tidur nyenyak. Untuk pengumuman SNMPTN itu tanggal 29 Maret nanti, ” paparnya.

Untuk daya tampung, Anis menuturkan, daya tampung tahun 2022 terjadi peningkatan. Daya tampung tahun 2022 total 7.825 mahasiswa dengan rincian SNMPTN 1.565 mahasiswa, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 3.913 mahasiswa dan Ujian Saring Mandiri 2.347 mahasiswa. Sedangkan daya tampung tahun 2021 total 7.437 mahasiswa dengan rincian SNMPTN 1.489 mahasiswa, SBMPTN 3.721 mahasiswa dan USM 2.227 mahasiswa.

“Daya tampung meningkat karena ada beberapa prodi yang meningkatkan APK. Selain itu, mahasiswa yang menamatkan kuliahnya sekarang rata rata 7-9 semester. Kalau sirkulasi bagus, maka APK akan naik terus, ” tandasnya.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.