Siswa SMAN 1 Tanjung Batu Juara Dua pada Dua Perlombaan Sekaligus pada Event Nasional 2024

Penulis: - Sabtu, 9 Maret 2024
Siswa SMA Negeri 1 Tanjung Batu Ririn Ariyani.

Ogan Ilir, sumselupdate.com – Siswa SMA Negeri 1 Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan terus menunjukkan kipranya di ajang kompetisi menulis tingkat nasional. Prestasi membanggakan pun berhasil diraih, salah satunya oleh Ririn Ariyani, siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Tanjung Batu dengan menyabet dua gelar juara dari lomba esai ilmiah dan menulis kisah inspiratif tingkat nasional tahun 2024.

Ririn, sapaan akrabnya sebagai juara II Lomba Esai Ilmiah Nasional diajang perlombaan Esai Ilmiah Kalimantan Physics Competition (KalPhyo) yang diselenggarakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Lambung Mangkurat  Banjarmasin Kalimantan Selatan berlangsung dari tanggal 20 Februari 2024–3 Maret 2024.

Selanjutnya Juara II Lomba menulis kisah inspiratif yang diselenggarakan oleh Unversitas Bina Sarana Informatika Jakarta berlangsung dari 25 Desember 2023–4 Maret 2024.

“Peserta yang mengikuti event ini beragam dan tentunya berasal dari siswa SMA/SMK/MA seluruh Indonesia. Lebih dari 200 peserta mengikuti lomba-lomba tersebut,” terangnya saat dikonfirmasi.

Secara khusus ia memberikan gambaran singkat soal esai yang ditulis.  Pada Lomba Esai Ilmiah Kalimantan Physics Competition (KalPhyo) yang diselenggarakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Lambung Mangkurat  Banjarmasin Kalimantan Selatan, judul yang diangkat Melalui judul esai ilmiah “Femila: Filter Mikroplastik Cerdas Pada Lautan Indonesia Berbasis Internet Of Things (IOT) Sebagai Solusi Nyata Mencegah Perubahan Iklim Pemanasan Global” Ririn  menuliskan inovasi lingkungan dalam mengatasi pemanasan global diharapkan mampu menjadi solusi efektif bagi pencegahan kerusakan lingkungan di Indonesia.

Lomba ini mengusung tema “Peran Pemuda Sebagai Agen Perubahan Menuju Indonesia Emas Tahun 2025 dan Subtema Lingkungan” yang mana kegiatan awalnya dimulai dengan proses pengiriman karya kemudian akan di lakukan proses seleksi karya dari 150 siswa SMA/SMK/MA di Indonesia, kemudian pada tanggal 2 Maret ditentukan siapa yang berhak masuk menjadi 3 besar, ujar Ririn warga Desa Seri Tanjung Kecamatan Tanjung Batu ini.

Baca juga : Kibarkan Bendera IMI, Ketua IMI Ogan Ilir Muhsin Abdullah Sah Dilantik

Adapun event yang kedua yang diraih oleh Ririn Ariyani adalah Jauara II Lomba Menulis Kisah Inspiratif yang diselenggarakan oleh Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 200 lebih siswa SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia mengusung tema “menolak menyerah”.

Dalam tulisan tersebut anak dari pasangan Helmi dan Ibu Nursiah ini menuliskan kisah berjudul “Melangkah Bersama Cahaya Pendidikan”. Dalam cerita tersebut, Ririn memberikan inspirasi kepada generasi muda untuk tetap berkarya dan melanjutkan pendidikan di tengah keterbatasan ekonomi, karena dengan pendidikan bisa merubah kehidupan seseorang dimasa yang akan datang.

Dengan harapan, semoga tulisan kisah inspiratifnya ini dapat bermanfaat bagi anak-anak muda di Sumatera Selatan khususnya, dan di Indonesia umumnya.

“Atas raihan juara dua dari dua perlombaan, Ririn Ariyani mendapatkan piagam penghargaan dan juga uang pembianaan dari penyelenggara lomba, dan piagam Penghargaan yang diperoleh ini dapat menjadi modal mengikuti seleksi SNBP tahun 2025 nanti,” ungkapnya.

Baca juga : Anggota DPRD Ogan Ilir Sarankan Pemkab Gelar Pasar Murah, Dampak Tingginya Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan

Keberhasilan meraih prestasi tentu memantik rasa bangga pada dirinya. Capaian tersebut tidak lepas dari dukungan guru-guru SMA Negeri 1 Tanjung Batu yang selalu memberikan dukungan mengembangkan bakatnya dalam bidang menulis.

“Kegiatan di SMA Negeri 1 Tanjung Batu memberikan saya skill dalam menulis untuk mengikuti berbagai ajang lomba. Dari ini saya belajar mengasah kemampuan,” katanya.

Selain tiga prestasi itu, sebelumnya Ririn juga berhasil meraih Juara I Menulis Resensi Buku Tingkat Propinsi Sumatera Selatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, sebagai juara I tingkat nasional Lomba menulis Feature yang diseleggarakan oleh PLN Kota Batam,  Finalis 5 Besar Lomba Esai Ilmiah Fakultas Kedokteran Unsri, serta mendali emas olimpiade kedokteran nasional tahun 2023.

Siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Tanjung Batu ini adalah siswa yang aktif dalam mengikuti berbagai ajang lomba, baik itu ditingkat kabupaten, provinsi dan nasional.

“Saya sangat bersyukur telah menyabet juara dua di lomba ini. Ia berharap dengan adanya kegiaran lomba ini dapat memacunya untuk lebih berprestasi lagi “Salam semangat untuk generasi muda Indonesia, terus berinovasi guna Indonesia lebih baik!,” ucap Ririn. (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.