Sikapi Keluhan Masyarakat, PDAM OKU Akan Tambah Satu Unit Peralatan Ponton

Foto Ilustrasi
Baturaja, Sumselupdate.com – Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, pihak PDAM Kabupaten OKU tahun ini berencana akan menambah satu unit peralatan ponton dan pompa distribusi air. 
Direktur Utama PDAM Abi Kusno didampingi Kabag Teknik, Asril kepada wartawan mengatakan, PDAM OKU tahun ini akan mendapat bantuan dana yang bersumber dari dana pusat sebesar Rp 7,5 Milyar untuk bangunan pengolahan dan rehab unit instalasi pengolahan air (IPA). 
 
Dikatakannya, bantuan senilai Rp 7,5 miliar tersebut nantinya akan dibangun untuk penambahan satu paket ponton berikut pompa distribusi untuk tiga unit Instalasi Pengolahan Air (IPA). Masing-masing IPA Tanjung Agung, IPA Bakung dan IPA Tanjung Baru.
 
Selanjutnya, pihaknya akan melaksanakan rehab atau perbaikan IPA dua unit, yakni IPA Bakung dan IPA Tanjung Agung. Di mana, pelaksanaan rehab IPA sudah dikerjakan sejak pertengahan Ramadhan hingga sekarang.
Diakui oleh Abi, selama proses pengerjaan ini, distribusi air bersih ke pelanggan terganggu. “Tentunya kami meminta maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan ini,” kata Abi Kusno seraya menambahkan penyebab tersendatnya produksi air karena hanya satu mesin yang beroperasi dengan kapasitas turun 50 persen dibandingkan keadaan normal.
 
Menurut dia, selama proses pengerjaan, ada beberapa kawasan yang posisinya lebih tinggi yakni Kelurahan Air Gading dan Talang Jawa. Di dua tempat tersebut pendistribusian dilakukan secara khusus 2 kali dalam seminggu secara bergiliran. Tujuannya agar semua pelanggan mendapat distribusi air secara merata. Sebab apabila distribusi air dilakukan pada jadual yang sama dikhawatirkan pelanggan yang posisi rumahnya lebih tinggi tidak kebagian air.
 
Masih menurut Abi, PDAM OKU juga berencana akan segera mengganti pipa–pipa yang sudah tua. Sejak tahun 1978 pipa induk di Pasar belum pernah diganti. Dibutuhkan sekitar Rp 2,7 miliar total dana untuk pemipaan. Lebih jauh ia mengatakan, setelah pekerjaan selesai, diharapkan distribusi air akan lancar sehingga pelanggan bisa menikmati air yang disuplai dari PDAM lebih berkualitas lagi. (yan)
Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.