Siap-Siap Polres OKU Selatan akan Gelar Operasi Patuh 2021

Kasatlantas Polres OKU Selatan Iptu.Muriyanto

Laporan: Alpian Patria Jaya

Muaradua, Sumselupdate.com – Kepolisian Resort (Polres) OKU Selatan akan menggelar razia lalu lintas dalam rangka Operasi Patuh 2021.

Bacaan Lainnya

Razia digelar selama kurang lebih dua pekan mulai tanggal 14 Juni sampai dengan 25 Juni 2021 mendatang.

Dalam Operasi Patuh kali ini polisi tidak segan-segan memberikan tilang kepada pengguna kendaraan bermotor yang kedapatan melanggar protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19 dan yang melanggar lalu lintas.

Selama menjalankan Operasi Patuh, petugas mengedepankan tindakan hukum secara persuasif, preventif, dan mengedepankan tindakan secara humanis.

Nantinya pihak aparat penegak hukum akan mendispilinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan khususnya bagi pengguna jalan raya.

Kapolres OKU Selatan AKBP Zulkarnain Harahap, SIK melalui Kasatlantas Polres OKU Selatan Iptu Muriyanto saat dikunjungi di ruang kerjanya kepada Sumselupdate.com menegaskan tindakan tilang tidak dilarang.

Namun sebelum memberikan tindakan sebaiknya sosialisasikan dahulu kepada masyarakat sehingga anggota di lapangan tidak asal bertindak.

“Silahkan lakukan dengan tilang, tetapi lakukan pemberitahuan dahulu melalui media-media sosial atau media lain sebelum menindak. Jangan kita mencari-cari alasan. Misalnya di Muaradua penindakan dikhususkan untuk yang melanggar protokol kesehatan seperti tidak memakai masker, serta melanggar peraturan lalu lintas misal tidak memiliki surat kendaraan berlalu lintas seperti SIM dan lain sebagainya. Jadi bila ada pengendara yang tertangkap maka langsung dilakukan tilang,” ujar Iptu. Muriyanto, Selasa (8/6/2021).

Tidak lupa dirinya juga mengingatkan kepada seluruh jajaran kepolisian yang bertugas menjalankan Operasi Patuh agar meminimalisir tindakan yang tidak terpuji.

“Jangan sampai pelaksanaan operasi ini kita melaksanakan trouble. Laksanakan penilangan sesuai ketentuan yang diberikan, Jangan sampai kita selaku petugas malah yang melanggar peraturan,” imbuhnya.

Iptu Muriyanto juga menambahkan saat pelaksanaan baik seluruh anggota kepolisian wajib menggunakan protokol kesehatan yang sudah disediakan.

“Semua petugas yang bertugas wajib menggunakan Protokol kesehatan saat di lapangan tanpa terkecuali dan jaga kesehatan,” pungkas dia.

Sebelumnya, Kasatlantas Polres OKU Selatan menyebutkan setidaknya ada beberapa jenis pelanggaran yang akan ditilang selama operasi berjalan.

Semua jenis pelanggaran yang bersifat membuat penyebaran pandemi Covid-19 bertambah khususnya di wilayah OKU Selatan dan pelanggaran lalu lintas di jalan raya yang berpotensi menimbulkan kecelakaan di Bumi Serasan Seandanan.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya warga OKU Selatan untuk membiasakan diri sedini mungkin sadar akan peraturan-peraturan serta melengkapi dokumen dalam berlalu lintas dan terus menjalankan  protokol kesehatan guna bangkitnya negara kita dari pandemi Covid-19 serta menekan angka kecelakaan yang terus bertambah,” katanya.

“Sehat bukan segalanya tapi dengan sehat kita bisa melakukan segalanya, patuhi 3 M (Memakai masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan) serta patuhi aturan lalu lintas karena Jatuh di aspal tidak seindah jatuh cinta,” ujar slogan yang disampaikan oleh Kasatlantas Polres OKU Selatan Iptu Muriyanto. (**)

Berikut Jenis Pelanggaran yang Ditindak:

  1. Tidak menggunakan protokol kesehatan saat berkendara seperti tidak memakai masker dan berkendara lebih dari dua orang atau istilah lain dikenal dengan istilah boti (bonceng tiga)
  2. Menggunakan handphone saat berkendara
  3. Menggunakan kendaraan bermotor di atas trotoar
  4. Mengemudikan kendaraan bermotor/Mobil secara melawan arus
  5. Mengemudikan kendaraan bermotor/Mobil melintas di bahu jalan
  6. Mengemudikan kendaraan bermotor/Mobil melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL)
  7. Pengemudi yang tidak memberikan prioritas kepada pengguna jalan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan
  8. Mengemudikan kendaraan bermotor/mobil melebihi batas kecepatan
  9. Mengemudikan kendaraan bermotor tidak menggunakan helm SNI, serta baik pengendara motor atau mobil yang tidak memiliki atau membawa Surat kendaraan lain seperti SIM dan STNK dan tidak memakai plat kendaraan
  10. Mengemudikan kendaraan di jalan tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari
  11. Mengemudikan kendaraan bermotor berbalapan di jalan.
Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.