Seorang Warga Sumsel Positif Terinfeksi Omicron, Miliki Riwayat Perjalanan dari Jakarta

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Lesty Nuraini.

Palembang, Sumselupdate.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) secara resmi mengumumkan ada seorang warga Sumsel yang positif terinfeksi Omicron.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Lesty Nurainy mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi dari Kementerian Kesehatan RI bahwa kasus Omicron sudah ada di Palembang, Sumsel.

Read More

“Omicron  di Sumsel ini diketahui ada satu warga yang positif. Ia (pasien) asal Kota Palembang, dan memang ada riwayat perjalanan dari Jakarta. Sekarang yang bersangkutan menjalani isolasi mandiri,” jelas Lesty, Sabtu (5/2/2022).

Menurut Lesty, kasus Omicron ini baru diketahui setelah hasil sampel laboratorium keluar.

“Karena untuk penetapan Omicron atau tidak, itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Pertama, sampel itu diperiksa dan itu masih probable. Kemudian diteruskan ke Litbangkes itu membutuhkan waktu dua minggu lebih,” jelasnya.

Meski begitu, pihaknya menegaskan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya kasus Omicron yang ditemukan di Sumsel ini.

Hal itu, lantaran pihaknya sudah melakukan testing, tracing dan treatment kepada semua orang yang kontak fisik dengan pasien tersebut.

“Semua keluarganya sudah di-tracing, namun tidak ada yang terpapar. Kami meminta masyarakat untuk tidak panik, karena Omicron ini sebenarnya sama dengan kasus Covid-19 yang biasa. Cara penanganan dan pencegahannya sama,” jelasnya.

Lesty mengungkapkan puncak Omicron tidak bisa diprediksi. Penambahan dan penyebarannya tergantung dengan kepatuhan masyarakat terhadap prokes dan juga aktivitas masyarakat.

Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat Sumsel untuk tetap menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

“Kalau tidak penting dan tidak perlu, jangan kemana-mana dulu. Kurangi mobilitas, karena inilah faktor yang bisa meningkatkan kasus Covid-19,” jelasnya.

Selain penambahan kasus Covid di Sumsel, saat ini tercatat untuk kasus aktif di Sumsel yakni ada 459 orang, di mana 37 orang dirawat di rumah sakit dan 422 orang menjalani isolasi mandiri. (ron)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.