Satu dari Tiga Bandit Pecah Kaca di Desa Gumawang, Dilumpuhkan Polres OKU Timur

Pelaku pecah kaca mobil Muhammad Ikbal, warga Desa Kutaraya Kecamatan Kayu Agung Kabupaten OKI, berhasil diamankan Polres OKU Timur.

Laporan: Rahmat Agusman

Martapura, Sumselupdate.com Satu dari tiga pelaku spesialis pecah pecah kaca  berhasil dilumpuhkan petugas Polres Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (19/11/2020).

Tersangka yang dilumpuhkan dengan timah panas petugas di bagian kaki itu adalah Muhammad Ikbal, warga Desa Kutaraya Kecamatan Kayuagung, Kabupaten OKI.

Sementara dua rekannya, AS (22), warga Desa Kutaraya, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten OKI dan IA (23) warga Desa Kedaton, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten OKI, masih dalam buruan petugas alias DPO.

Ketiga pelaku melancarkan aksinya pada 27 Oktober 2020 lalu, sekitar pukul 10.25 WIB, tepatnya di Desa Gumawang, Kecamatan Belitung l, Kabupaten OKU Timur, Sumsel.

Kejadian berawal saat korban Santoso (42), warga Desa Jatimulya, Kecamatan Madang Suku II, Kabupaten OKU Timur, baru saja mengambil uang di bank yang berhadapan persis dengan minimarket tempat kejadian perkara sebesar Rp152 juta.

Uang yang baru saja ia ambil dari bank itu, disimpan di dalam tas ransel dan diletakkan di dalam mobilnya.

“Saat di depan minimarket, Santoso melihat temannya. Lalu ia menghampiri temannya itu dan memarkirkan mobil miliknya di halaman minimarket tersebut,” ungkap Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon Sik MH, melalui Kasat Reskrim AKP I Putu Suryawan SH Sik didampingi Kasubag Humas AKP Hamdan Mahyudin saat ungkap kasus di Halaman Mapolres OKU Timur, Sabtu, (21/11/2020).

Saat Santoso sedang asyik mengobrol dengan temannya di salah satu rumah makan yang letaknya tidak jauh dari TKP, tak lama terdengar suara jeritan dari salah satu warga. Sontak Santoso, langsung menghampiri arah jeritan suara tersebut yang tak jauh dari mobilnya.

Betapa terkejutnya Santoso, setelah melihat kondisi kaca mobilnya dengan jenis Innova Reborn bernomor polisi BG 1803 YD sudah pecah di bagian kiri.

Lebih terkejut lagi, dia melihat tas ransel berisi uang Rp152 juta yang baru saja diambilnya dari bank sudah raib.

Saat kejadian, korban sempat melihat para pelaku kabur dengan sepeda motor jenis Yamaha Jupiter MX.

“Setelah berhasil menggasak uang korban, para pelaku kabur ke arah BK 9,” jelasnya.

Dari kejadian itu korban langsung melapor ke Polsek Belitang l yang tertuang dalam LP.B/33 /X/2020/Sumsel/OKUT/Sek.Blt, tanggal 27 Oktober 2020.

Berdasarkan laporan tersebut, kemudian Tim Opsnal Satuan Reserse Polres OKUT bersama Unit Reskrim Polres OKUT dibawah Pimpinan Kasat Reskrim AKP I Putu Suryawan SH Sik langsung melakukan olah TKP dengan melihat kamera CCTV di minimarket dan Bank Sumsel Babel.

Setelah ditemukan kecurigaan dan dilakukan pengembangan informasi terhadap ciri-ciri pelaku. Kemudian diketahuilah pelaku berjumlah tiga orang, dan merupakan warga dari Kabupaten OKI.

Selanjutnya, Tim Opsnal Sat Reskrim Polres OKUT bersama Unit Reskrim Polsek Belitang l menuju ke kediaman pelaku spesialis pecah kaca ini.

“Pada hari Kamis tanggal 19 November sekitar pukul 20.00, kita melakukan penggrebekan terhadap salah satu pelaku yakni Muhammad Ikbal di kediamannya namun karena sempat ingin melarikan diri akhirnya petugas terpaksa melakukan tindakan tegas terukur terhadap tersangka,” jelasnya lagi.

Namun tambahnya, untuk pelaku dua orang lagi yakni AS (22) dan IA (23) saat penggrebekan sudah melarikan diri, dan saat ini keduanya masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres OKU Timur.

Kini tersangka dan barang bukti dibawa ke Polres OKU Timur guna proses penyidikan lebih lanjut. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.