Satgas PBBKB Optimis Mampu Tingkatkan PAD Sumsel

Sekertaris Daerah (Sekda) Sumsel, H. Nasrun Umar saat memimpin rapat Pembahasan Rencana Aksi Satgas PBBKB pada perairan / laut di wilayah Sumsel.

Palembang, Sumselupdate.com – Pasca dikukuhkannya Satuan Tugas (Satgas) pengawasan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) pada perairan / laut di wilayah Sumsel, oleh Gubernur Sumatera Selatan. H Herman Deru, pada 11 Februari  lalu.

Satgas PBBKB ini pun langsung melakukan upaya cepat,  salah satunya  dengan memberikan sosialisasi di Pelabuhan Boom Baru dan Dermaga Dishub kota Palembang  yang dijadwalkan akan berlangsung  29 Maret 2021  mendatang.

Bacaan Lainnya

Sementara di perairan  Kabupaten Banyuasin baru akan dilakukan 5 April 2021 dengan titik lokasi di Dermaga Dishub Gasing dan Dermaga Dishub Sungsang.

Sekertaris Daerah  (Sekda) Sumsel, H. Nasrun Umar  saat memimpin rapat Pembahasan Rencana Aksi Satgas PBBKB pada perairan / laut di wilayah Sumsel, di Ruang Rapat Bina Praja Kantor Gubernur Palembang, Kamis (5/3/21) siang, menyebut  upaya ini dilakukan gina mengejar optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2021.

“PAD berikan kontribusi yang besar dalam pembangunan di Sumsel, kita optimis dapat  memberikan pemasukan ke PAD Sumsel melalui Satgas PBBKB,” ucap Nasrun dalam arahannya.

Sekda menyebut, satgas PBBKB yang beranggotakan Polisi Perairan dan Udara (Polairud), Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal), Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Dishub Provinsi, Pol PP dan OPD terkait tersebut  akan mempu bekerja dengan penuh integritas  guna optimalisasi PAD Sumatera Selatan.

“Tahap awal kita sosialisasi dengan rancangan kegiatan meliputi monitoring dan pemeriksaan terhadap dokumen kapal atau tanker di bangker BBM yang beroperasi di wilayah perairan Sumsel. Selanjutnya  kita langsung akan mengelar   patroli rutin  terhadap kapal baik yang sandar di dermaga maupun yang sedang melintas,” jelasnya.

Dia menyebut, dalam aksi nantinya  selain  sosialisasi, juga dilakukan pemeriksaan legalitas dokumen surat-surat kapal, pemeriksaan legalitas dokumen pembelian BBM baik yang akan digunakan maupun yang akan diperjualbelikan.

“Karena ini untuk kepentingan bersama maka saya minta semua tim satgas dapat melakukan koordinasi dengan baik,” imbuhnya.

Untuk kelancaran tugas Satgas, Nasrun menyebut, pihaknya akan membentuk Posko utama PBBKB dan posko pembantu di 4 Kabupaten/kota. Adapun posko Utama  di kantor  Bapenda Prov Sumsel, sedangkan empat posko pembantu masing-masing di kantor Dishub Kota Palembang,  Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir. Sementara posko pembantu di Kabupaten Banyuasin  terletak di Dermaga Gasing. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.