Sampah Tak Terlihat Bertebaran, Ini Jawabannya

Suasana bersih tak terlihat sampah bertebaran di kawasan ION Orchard, Singapura.

Singapura, Sumselupdate.com –Sampah sudah menjadi suatu permasalahan di mana-mana yang sulit untuk diatasi, namun tidak di Singapura yang terlihat menjadi negara yang sangat teratur dan tidak terlihat sampah bertebaran di sepanjang jalan serta tempat umum lainnya.

Kenapa Singapura dapat tampak begitu bersih dan rapi? Semua itu memang bukan tanpa kerja keras. Pemerintah Singapura tidak segan untuk menjatuhkan denda yang cukup mahal bagi penduduk ataupun pendatang yang membuang sampah sembarangan.

Bacaan Lainnya

Dari perjalanan selama di Singapura memang di sana sangat banyak mata hukumnya. Bahkan, CCTV pun banyak bertebaran di setiap sudut sehingga bagi warga setempat maupun wisatawan yang berkunjung ke sana jangan harap bisa lolos dengan pura-pura tidak tahu setelah melanggar peraturan.

Selain begitu ketatnya peraturan, di negara berlambang Merlion ini juga diimbangi dengan jumlah tempat sampah yang sangat banyak dan begitu mudah untuk ditemui. Mungkin jika ingin dihitung berapa banyaknya tak terhitung lagi.

“Ini pengalaman saya dan ini bukan mengarang. Memang di Singapura sangat bersih dan rapi, sampah tak terlihat bertebaran, jelas beda jika dibandingkan dengan Indonesia,” kata warga asal Palembang yang belum lama berlibur ke Singapura, Pratama (25), Sabtu (2/4).

Bagaimana tak bersih dan rapi, masih dikatakan bujangan ini, selain warga setempat dan pendatang di Singapura pada taat hukum. Ketika kita berada di sana hanya perlu berjalan beberapa meter sudah bertemu dengan tempat sampah.

“Jadi menurut saya pribadi jelas tidak ada lagi alasan tidak ada tempat sampah untuk membuang sampah. Karena saya di sana juga mikir daripada buang sampah sembarangan dendanya selangit, itu juga harus bayar di tempat, bisa bangkrut,” ujar dia. (man)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.