Saksi Tim Jessica: Jika Bukti yang Diperiksa dan Disita Beda, Tidak Ada Artinya

Jessica Kumolo Wongso

Jakarta, Sumselupdate.com – Ahli Pidana Universitas Brawijaya Profesor Masruchin Ruba’i saat bersaksi di persidangan Jessica Kumala Wongso ditanya mengenai keabsahan suatu barang bukti. Masruchin menegaskan, jika barang bukti yang diperiksa berbeda dengan barang bukti yang disita, maka barang bukti tersebut tidak ada artinya.

“Bukan (barang bukti) yang lain, kalau yang lain berarti berbeda. Kalau memang terjadi yang diperiksa bukan barang bukti yang disita, tentu tidak ada artinya. Tidak memenuhi syarat barang bukti, yang diperiksa bukan yang disita,” kata Masruchin saat bersaksi dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, seperti dilansir detik.com, Kamis (22/8/2016)

Bacaan Lainnya

Pernyataan Masruchin ini menjawab pertanyaan dari kuasa hukum Jessica, Sordame Purba. Sordame terlebih dahulu mengilustrasikan sebuah cerita dugaan pembunuhan dengan racun yang ilustrasinya dibuat mirip dengan kasus Jessica Wongso.

“Katakan kejadian dalam satu kafe. Setelah itu (barang bukti) diserahkan dan diambil penyidik. Penyidik membutuhkan satu barang bukti (BB) sebagai pembanding yang tidak ada racun. Setelah ini disita, dibuat berita acara penyitaan, besoknya diserahkan ke Labfor. Tetapi setelah kita melihat, ini diserahkan 2 gelas 1 botol, yang diperiksa adalah 2 botol 1 gelas. jadi berubah nih,” tutur Sordame.

“Tapi tiba-tiba ada satu BB di satu berkas tidak ada bukti penyitaan lalu ada muncul berita acara penyitaan pada tanggal 8 (diceritakan kejadiannya tanggal 6- red), saya tidak tahu BB yang mana ini,” jelasnya.

Sordame juga sempat menyinggung mengenai flashdisk yang digunakan sebaga BB. Masruchin kembali menjawab bahwa bukti tak dapat dikatakan barang bukti jika yang diperiksa berbeda dengan yang disita.(pto)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.