Saksi Elfin Sebut 25 Anggota DPRD Muaraenim Terima Fee Proyek

Palembang, Sumselupdate.com – Sidang lanjutan dugaan korupsi suap 16 paket proyek pada Dinas PUPR Kabupaten Muaraenim, kembali menjalani sidang dengan agenda mendengarkan keterangan saksi Elfin MZ Muchtar dan Robi Okta Pahlevi, yang digelar di Pengadilan Tipikor Palembang, Kamis (26/8/2021).

Saksi terpidana Elfin MZ Muchtar dicecar pertanyaan terkait keterlibatan anggota DPRD kala itu oleh Majelis Hakim Tipikor Palembang diketuai Sahlan Effendi SH MH, Kamis (26/8/20201).

Bacaan Lainnya

Saksi terpidana Elfin menjelaskan bahwa, fee yang ditetapkan oleh Bupati Ahmad Yani adalah sebesar 15 persen. Yang mana 10 persennya untuk Bupati, Wakil Bupati dan 25 Anggota DPRD Kabupaten Muaraenim.

“Untuk anggota DPRD itu ada yang Rp200 juta, tapi untuk detailnya saya lupa,” ujar saksi terpidana Elfin, dalam persidangan.

Atas keterangan itu, majelis hakim mengatakan kepada JPU KPK RI, Rikhi B Maghaz SH MH untuk menindaklanjuti dan memeriksa anggota DPRD Kabupten Muaraenim yang diduga turut menerima sejumlah uang dari perkara korupsi ini.

“Coba perkara ini diselesaikan sampai ke akar-akarnya,” singgung hakim kepada jaksa KPK RI.

JPU KPK RI Rikhi B Maghaz mengatakan jika pesan dari majelis hakim terkait 25 anggota DPRD tersebut akan disampaikan terlebih dahulu pada pimpinannya.

“Dikarenakan hal tersebut, bukan wewenang kami sebagai penuntut umum untuk melakukan pemeriksaan terhadap ke 25 anggota DPRD sebagaimana yang telah disinggung oleh majelis hakim pada persidangan tadi, namun tetap akan kami sampaikan dulu kepada pimpinan,” tutupnya. (Ron)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.